Dark/Light Mode

Dubes Hery Saripudin Gelar Pameran Tenun Dan Batik Di Nairobi

Rabu, 24 Mei 2023 06:32 WIB
Peragaan busana untuk memperkenalkan budaya Indonesia di Nairobi, Kenya, Rabu, 17 Mei 2023. (Foto RM/HO KBRI Nairobi)
Peragaan busana untuk memperkenalkan budaya Indonesia di Nairobi, Kenya, Rabu, 17 Mei 2023. (Foto RM/HO KBRI Nairobi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nairobi, Kenya, promosi budaya Indonesia dengan menggelar pameran kain tenun ikat dan batik dari berbagai provinsi di Indonesia di Wisma Indonesia, Nairobi, Rabu (17/5).

Acara itu digelar bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perwakilan RI Nairobi. Pada acara tersebut juga digelar peragaan busana (fashion show), yang dibawakan istri Dubes Hery, Zulfah Nahdliyati Saripudin.

Selain Zulfah Saripudin, para anggota DWP Perwakilan RI Nairobi serta warga diaspora Indonesia di Nairobi juga turut memeragakan busana asli Indonesia itu. Pada pameran ini, semua kain tenun ikat, batik, beserta aksesori yang dikenakan adalah koleksi pribadi Zulfah.

Baca juga : Sambut Hangat Ibu Negara Iran, Iriana Gelar Jamuan Teh Bersama Di Kebun Raya Bogor

Zulfah juga mengajak istri Dubes Hongaria untuk Kenya, memperagakan kain tenun Bali. Dia juga meminta suami Dubes Kosta Rika untuk Kenya, mengenakan ulos Batak.

Dubes Hery menyambut baik inisiatif pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia juga mendorong DWP Perwakilan RI di Nairobi untuk terus berkreasi demi mempromosikan Indonesia.

“Tentunya juga dengan melibatkan warga diaspora Indonesia yang ada,” ujar Hery, dalam keterangan kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (20/5).

Obati Kangen WNI Di Kenya

Baca juga : Sambut Presiden Iran, Jokowi Gelar Jamuan Makan Siang Di Istana Bogor

Kegiatan tersebut, sambungnya, bisa dipakai sebagai bagian dari upaya positif. Mempererat tali silaturahmi antar warga Indonesia.

“Sekaligus bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan diplomasi budaya yang dilaksanakan KBRI,” ujar Hery.

Tak cuma pameran batik dan kain, acara itu dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Ronggeng Blantek. Sebuah tari kreasi dari Betawi, yang sudah berakar sejak zaman kolonial Belanda. Tari Ronggeng Blantek ditampilkan solo oleh istri salah satu staf domestik di KBRI Nairobi.

Baca juga : Gardu Ganjar Banten Berikan Sentuhan Bantuan Di Tangerang

Untuk melengkapi promosi Indonesia, para undangan yang hadir juga disajikan berbagai jenis kuliner Indonesia. Seperti soto padang, rendang, nasi goreng kampung, sate, getuk lindri, dan pisang goreng ice cream.

Para tamu undangan yang terdiri dari para Dubes negara sahabat dan pasangannya, pejabat dalam negeri Kenya, pengusaha, serta tamu kehormatan, Becky Kim, saudara kembar Ibu Negara Kenya Rachel Ruto.

Dengan kegiatan ini, diharapkan Indonesia semakin dikenal dengan keragaman budayanya. Serta bisa mendorong peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.