Dark/Light Mode

Tahun Budaya Indonesia-Qatar 2023

Wakil PM Qatar Temui 3 Menteri Indonesia

Rabu, 7 Juni 2023 13:31 WIB
Dr Hamad Bin Abdulaziz Al-Kawari (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi. [Foto: Ist]
Dr Hamad Bin Abdulaziz Al-Kawari (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi. [Foto: Ist]

 Sebelumnya 
Sementara Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid menambahkan, dalam kerangka Tahun Kebudayaan RI-Qatar disiapkan, sekurangnya ada 25 kegiatan promosi budaya, baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun di Qatar.

Beberapa kegiatan yang cukup besar dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah kerjasama perfilman, melalui skema produksi bersama dan pemutaran film Indonesia di Qatar. Juga Pameran Budaya Kopi yang akan diselenggarakan di Doha selama empat bulan.

Hilmar juga menyampaikan, kedua negara akan menggagas kerjasama capacity building bagi para pegawai/pengelola museum di Indonesia. Mengingat Qatar punya tata kelola museum dan galeri yang sangat baik. Sementara Indonesia memiliki sumber daya terkait kebudayaan yang luar biasa.

Baca juga : Nggak Sampai 15 Menit Langsung Ludes

“Maka, kita perlu bekerja sama 'co-learning' dalam hal ini. Kami harap, akan semakin banyak para pegawai/pengelola museum di Indonesia dapat saling belajar dengan mitranya di Qatar," pungkasnya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, kedua negara memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan kerja sama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dr Hamad Bin Abdulaziz Al-Kawari (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) dan Dubes Qatar untuk Indonesia, Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti (kiri). [Foto: Ist]

Secara khusus, Sandi --sapan akrab Sandiaga-- juga meminta Qatar menambah jalur penerbangan langsung ke Indonesia. “Penerbangan Doha-Yogyakarta misalnya, sangat potensial dikembangkan . Mengingat tidak jauh dari Yogyakarta, kita memiliki destinasi super prioritas, yaitu Candi Borobudur,” ujarnya.

Baca juga : Relawan GMP Gelar Talkshow Seru Kenalkan Ganjar Ke Milenial Bandung

Sedangkan saat bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Hamad menyampaikan kekagumannya pada moderasi Islam yang berkembang di Indonesia. Menurutnya, Indonesia adalah contoh, dimana Islam disebarkan dan dipraktekkan secara damai.

“Indonesia adalah bantahan telak atas berbagai prasangka yang kerap dituduhkan, bahwa Islam disebarkan dengan pedang dan kekerasan,” ungkap Menteri Kebudayaan, Seni, dan Warisan Qatar periode 2008-2016 ini.

Dalam kesempatan tersebut, Hamad dan Retno juga saling mengapresiasi peran kedua negara, terutama dalam proses perdamaian di Afghanistan. “Indonesia dan Qatar selalu bergandengan erat dalam usaha menciptakan perdamaian di Afghanistan dan memajukan hak-hak perempuan di sana,” tutur Retno.

Baca juga : Indonesia-Jepang Mantapkan Kerja Sama Ekonomi dan Energi

Selain bertemu dengan tiga menteri di atas, pada Ahad, 4 Juni 2023, Hamad juga berkunjung ke Masjid Istiqlal dan bertemu langsung dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Dr Nasaruddin Umar. Dalam pertemuan tersebut antara lain dibahas peluang kerjasama antara Masjid Istiqlal dengan Qatar National Library, terutama terkait pengembangan perpustakaan Istiqlal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.