Dark/Light Mode

Pidato Saat Perayaan Ultah Raja Charles

Tugasnya Segera Berakhir, Dubes Jenkins Pamitan

Rabu, 7 Juni 2023 22:10 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. (Foto Garuda Kencana Batik)
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. (Foto Garuda Kencana Batik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Inggris menggelar perayaan ulang tahun King Charles III (King's Birthday Party-KBP) di Jakarta, Rabu (7/6). Pada kesempatan itu, Duta Besar Inggris Owen Jenkins menyampaikan pidato.

Inilah pidato lengkapnya,

Selamat malam Bapak dan ibu sekalian, Selamat datang di acara Ulang Tahun Yang Mulia Raja Charles III

Kepada Yang Terhormat, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto, yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia.

Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Bapak Teten Masduki Wakil Presiden Republik Indonesia ke-12 Bapak Jusuf Kalla Sekretaris Jenderal ASEAN Bapak Robert Matheus Michael Tene.

Izinkan saya untuk melanjutkan pidato dalam Bahasa Inggris, demi menyingkat waktu!

Selamat datang di acara yang sangat istimewa bagi kami. Untuk pertama kalinya merayakan Pesta Ulang Tahun Yang Mulia Raja Charles III.

Saya juga akan berbicara mewakili Sarah Tiffin, Duta Besar Inggris untuk ASEAN, yang malam ini tidak dapat hadir di sini karena sedang berada di Brunei untuk acara ASEAN-UK Senior Officials’ Meeting.

Raja Charles Peduli Generasi Muda

Baca juga : Biaya Acara Raja Charles Rp 1,8 Triliun, Tamunya Wong Cilik Hingga Pemimpin Dunia

Penobatan Yang Mulia Raja Charles III merupakan sebuah momen penting bagi Inggris. Raja Charles mengangkat empat tema yang sangat dekat dihatinya yaitu generasi muda, keragaman, komunitas, dan keberlanjutan.

Perihal generasi muda, kami telah mengirimkan hampir 2,000 pelajar Indonesia ke Inggris melalui program beasiswa Chevening. Melalui skema yang kami miliki, selama tiga tahun berturut-turut, Inggris telah menjadi tujuan studi paling popular bagi siswa yang didanai IISMA, beasiswa di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

British Council juga melakukan pekerjaan yang luar biasa di bidang Bahasa Inggris, Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini ditandai oleh fakta bahwa Yang Mulia Raja Charles menjadi Wakil Pelindung British Council sejak 1984.

Untuk tema kedua, Indonesia menjadi sebuah tempat yang luar biasa dalam hal keberagaman. Mengingat jumlah suku, agama, dan Bahasa yang luar biasa, serta bagaimana masyarakatnya hidup rukun di seluruh nusantara.

Dukungan untuk keberagaman, inklusi, dan keseimbangan gender yang positif menjadi kunci upaya pembangunan dan diplomasi kami di Indonesia.

Program Akses Digital, keterampilan Inggris untuk Kemakmuran, dan kemitraan energi terbarukan, Mentari adalah contoh upaya yang kami lakukan.

Saya sangat bangga dengan kerja sama yang kami lakukan terkait tema ketiga Yang Mulia Raja, yaitu bidang keberlanjutan dan perubahan iklim.

Transisi Energi Yang Adil

Indonesia memiliki kekuatan besar di bidang kehutanan. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk energi terbarukan yang murah, bersih, dan andal yang dimilikinya

Baca juga : Buka Puasa Sederhana Tiru Presiden Jokowi

Inggris sangat bangga telah mendukung Kemitraan Transisi Energi Indonesia Yang Adil (JETP), yang diluncurkan pada saat G20. JETP akan membantu Indonesia dalam mempercepat transisi energi, beralih dari bahan bakar fosil menuju energi terbarukan.

Hubungan kami tidak hanya terbatas oleh keempat tema tersebut. Kedua pihak ingin meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, dan saya sangat bangga melihat nilai perdagangan Inggris-Indonesia telah meningkat sebesar 33% di tahun lalu.

Kita melihat lebih banyak investasi di antara kedua negara. Khususnya terkait industri-industri masa depan, termasuk penggunaan mineral untuk teknologi baru dan terhadap industri kendaraan listrik di kedua negara.

Tekad kami untuk menjadi lebih aktif di wilayah kunci ini juga dapat dilihat dari hubungan kami dengan ASEAN yang semakin kuat.

Atas nama Sarah, serta saya, ingin menekankan pentingnya keterlibatan Inggris sebagai Mitra Dialog ASEAN.

Tidak hanya sebuah hubungan yang simbolik, sebagai Mitra Dialog, kita mengetahui bahwa ASEAN sangat penting bagi ekonomi, keamanan, serta kepentingan kami dalam tatanan internasional yang terbuka, stabil, dan sejahtera.

Plan of Action yang kami laksanakan bersama ASEAN berfokus terhadap prioritas utama bagi kedua negara dalam menciptakan hasil konkret yang dapat mendukung ambisi ASEAN sebagai kawasan ekonomi yang berkembang pesat, inklusif, dan berkelanjutan.

Kemitraan ASEAN-Inggris

Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini menjadi momen kunci untuk pekerjaan tersebut, dan kami berharap dapat mengembangkan kemitraan baru ini untuk mendukung sentralitas ASEAN, termasuk sebagai ‘Epicentrum of Growth’.

Baca juga : UMKM Sahabat Sandi Beri Pelatihan Produksi Kue Kekinian Di Jambi

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui, bahwa ini akan menjadi Perayaan Ulang Tahun Raja yang terakhir bagi saya di Indonesia. Empat tahun belakang ini sangat luar biasa bagi saya.

Pandemi melanda kita selama hampir dua tahun ini, serta invasi Rusia yang brutal, illegal, dan tidak beralasan yang melanggar beberapa prinsip paling mendasar dari hukum internasional dan piagam PBB. Termasuk rasa hormat terhadap kedaulatan dan integritas wilayah setiap negara, yang mengganggu perekonomian dunia.

Terlepas dari tantangan itu, saya merasa terhormat berada di negara yang luar biasa ini pada saat Inggris dan Indonesia melihat kebutuhan, serta peluang, untuk menjadi lebih dekat.

Saya sangat bersyukur untuk dapat bekerja dengan rekan-rekan Indonesia. Banyak dari kalian hadir dalam acara ini, maka izinkan saya untuk berterima kasih kepada kalian semua.

Izinkan saya juga untuk mengatakan betapa bangga saya terhadap tim yang luar biasa di Kedutaan Besar, Misi Inggris untuk ASEAN dan British Councilnn. Mereka telah berkontribusi besar terhadap pencapaian kami selama beberapa tahun terakhir.

Banyak hal juga telah dilakukan besama dengan perusahaan-perusahaan Inggris di Indonesia yang luar biasa, merepresentasikan beberapa keterampilan, teknologi, dan layanan terkemuka dunia yang ditawarkan Inggris.

Beberapa di antaranya dengan sangat murah hati telah menjadi sponsor untuk acara malam ini. Terima kasih, dan silahkan kunjungi stan mereka.

Saya tahu bahwa persahabatan Inggris dan Indonesia akan semakin kuat di bawah kepemimpinan Duta Besar Inggris selanjutnya dan juga kepemimpinan yang sangat menginspirasi dari bangsa Indonesia.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.