Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Indonesia Di Bulgaria Ditemani Sandiaga Saksikan Uji Coba Pabrik Rendang

Jumat, 9 Juni 2023 07:16 WIB
Dubes Iwan Bogananta (kanan) sedang mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua kanan) ke pabrik rendang di Bulgaria, Rabu (7/6). (Foto RM/KBRI Sofia)
Dubes Iwan Bogananta (kanan) sedang mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua kanan) ke pabrik rendang di Bulgaria, Rabu (7/6). (Foto RM/KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno itu menyaksikan langsung trial atau uji coba produksi Rendang Indonesia di Pabrik Bella Bulgaria, Rabu (7/6).

Hal itu merupakan bagian dari Program Rendang Goes to Europe yang diinisiasi Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogonanta sesuai dengan kebijakan Indonesia Spice up The world yang diluncurkan Presiden Joko Widodo.

Dalam keterangan pers KBRI Bulgaria, Menteri Sandi mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kedubes RI di Bulgaria.

“Ini adalah bagian dari kerja konkret dalam memajukan dan membangkitkan ekonomi nasional serta mengangkat sektor pariwisata Indonesia dalam memperkenalkan kuliner khas Indonesia,” kata Sandi.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Bulgaria Iwan Bogananta Promosi IKN Dengan Konser Musik

Mantan Wakil Gubernur DKI ini sangat bangga, rendang yang biasa diproduksi secara tradisional di Indonesia, di Bulgaria diproduksi dengan menggunakan high technology dengan target produksi 30 ton per bulan.

“Dan yang paling penting, rendang yang diproduksi di Bulgaria telah tersertifikasi halal,” imbuhnya.

Sedangkan Chief Operating Officer (COO) Bella, Dimitar mitev mengatakan, uji coba yang dilakukan timnya bersama tim dari Indonesia, cukup berhasil.

“Kami telah mendapatkan trial report produksi sebagai acuan untuk memproduksi rendang,” katanya.

Baca juga : Wujudkan Generasi Indonesia Berkarakter, Kemendikbudristek Bangun Kolaborasi

Untuk tahap awal, kata Dimitar, segmen pasar rendang ini akan fokus ke wilayah Eropa, Balkan dan Timur Tengah.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah ikut nimbrung via video call untuk melihat suasana produksi rendang tersebut.

Di Bulgaria, Sandiaga Uno juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pariwisata Bulgaria yang baru dilantik pada 6 Juni 2022, Zaritsa Dinkova.

Pertemuan tersebut menindaklanjuti kerja sama sektor pariwisata, baik dalam peningkatan wisatawan dan investasi dalam pengembangan infrastruktur pariwisata antar dua negara. Indonesia telah mendatangani perjanjian kerja sama bilateral dalam bentuk Memorandum of Understanding antar kementerian pada 2014.

Baca juga : Pupuk Indonesia Ingatkan Petani Jangan Tergiur Harga Murah Dan Pupuk Tiruan

“Pertemuan bilateral antar kementerian pariwisata ini, merupakan tindak lanjut dalam meningkatkan kembali kerja sama bilateral, khususnya pada sektor pariwisata antara Indonesia dan Bulgaria,” pungkas Iwan. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.