Dark/Light Mode

Angkatan Udara AS Dan TNI AU Latihan Tempur Di Pekan Baru

Rabu, 14 Juni 2023 07:06 WIB
Sekitar 100 personel Angkatan Udara AS akan turut serta dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Indonesia, 12-23 Juni 2023.
Sekitar 100 personel Angkatan Udara AS akan turut serta dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Indonesia, 12-23 Juni 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Personel dan pesawat dari 8th Fighter Wing Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan TNI Angkatan Udara (TNI AU) akan mengikuti “Cope West 2023”. Yakni, latihan tempur taktis bilateral di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Indonesia, 12-23 Juni 2023.

Sekitar 100 personel Angkatan Udara AS akan turut serta dalam latihan lapangan bersama personel TNI AU. Enam pesawat F-16 Angkatan Udara AS dan 7 pesawat TNI AU akan berpartisipasi dalam latihan tahun ini.

Baca juga : OJK Tingkatkan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Daerah 3T

Peserta dari AS dan Indonesia akan melatih kemampuan tempur taktis, evaluasi kemahiran, identifikasi latihan masa depan dan meningkatkan kemampuan lain yang terkait dengan berbagai misi bilateral.

“Terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proses perencanaan,” ujar Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Eric Broyles, komandan Skuadron Tempur ke-35, pada upacara pembukaan, Senin, 12 Juni 2023.

Baca juga : Ganjar Sejati Jabar Gelar Pelatihan Pembuatan Tahu

“Butuh banyak usaha untuk sampai ke titik ini. Kami berterima kasih atas kesempatan untuk tumbuh bersama, baik dalam taktik maupun persahabatan,” lanjutnya.

Angkatan Udara Pasifik, berkoordinasi dengan berbagai komponen, sekutu, dan para mitra, memberikan kemampuan udara, angkasa dan ruang siber yang tak tertandingi bagi Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk menegakkan tatanan internasional dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga : Relawan Kenalkan Ganjar Lewat Pelatihan Memanah Di Palembang

Cope West adalah latihan rutin yang digelar sejak tahun 1989. Tahun ini menandai kesepuluh kalinya Cope West diselenggarakan di Indonesia. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.