Dark/Light Mode

Kaisar Naruhito Sudah Tiba Di Indonesia, Cek Agenda Kunjungannya Di Sini

Sabtu, 17 Juni 2023 19:23 WIB
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/6). (Foto: Antara)
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/6). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Sabtu (17/6). 

Kaisar berusia 63 tahun itu, tampak mengenakan setelan jas hitam dengan kemeja putih dan dasi warna ungu muda. Sementara istrinya, tampil anggun dengan setelan putih dengan rok yang panjangnya melebihi lutut, serta topi, kalung mutiara, dan clutch warna senada.

Ini adalah kunjungan kenegaraan pertama mereka, sejak naik Tahta Krisan pada tahun 2019.

 

Foto: Instagram @jpnambsindonesia

 

Info mengenai kedatangan Kaisar Naruhito dan istri ini, antara lain disampaikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji melalui akun Instagramnya.

Baca juga : Kowarteg Indonesia Gelar Pelatihan Produssi Kue

"Saya menyambut kedatangan Yang Mulia Kaisar Naruhito dan Yang Mulia Permaisuri Masako ke Indonesia bersama Menteri PU Bapak Basuki Hadimuljono, Dubes RI untuk Jepang Bapak Heri dan Ibu Nuning Akhmadi, serta Kepala Protokol Negara Bapak Andy Rachmianto. Cuaca cerah " kata Dubes Kanasugi Kenji, Sabtu (17/6).

 

Dari kiri: Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu Andy Rachmianto, Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan istri, Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan istri, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menyambut kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/6). (Foto: Instagram @jpnambsindonesia)

 

Dalam kunjungan sepekan, 17-23 Juni, Kaisar Naruhito akan menggelar pertemuan dengan Presiden Jokowi dan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata untuk menziarahi 28 tentara Jepang yang ikut berjuang dalam Perang Kemerdekaan di Indonesia, 1945-1949.

Jepang berkuasa di Indonesia selama lebih dari tiga tahun selama dan setelah Perang Dunia II, setelah masa penjajahan Belanda. 

“Sejak perang, Jepang telah bekerja keras untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran internasional dengan negara-negara Asia, termasuk Indonesia,” kata Kaisar Naruhito kepada wartawan, sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia, seperti dikutip AFP, Kamis (15/6).

Baca juga : Asosiasi Sepak Bola Palestina: Indonesia Beruntung Punya Erick Thohir

“Saya harap, kunjungan ini akan membantu memperdalam hubungan persahabatan antar negara," imbuhnya.

Agenda Kunjungan

Berikut agenda kunjungan Kaisar Naruhito dan istri selama di Indonesia, pada 17-23 Juni 2023:

1. Sabtu (17/6), Kaisar Naruhito dam Permaisuri Masako tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

2. Minggu (18/6), Kaisar Naruhito dan Permaisuri akan berkunjung ke Depo Kereta Moda Raya Terpadu (MRT), dan Stasiun Pompa Waduk Pluit Jakarta.

3. Senin (19/6), Kaisar Naruhito dan istri akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

4. Selasa (20/6), Kaisar dan Permaisuri akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Universitas Darma Persada, dan salah satu SMK. Dilanjutkan pertemuan dengan perwakilan warga Jepang di Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Baca juga : Muhammadiyah-Waligereja Indonesia Sepakat Jadikan Agama Kanopi Suci

5. Rabu (21/6), Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan mengunjungi Balai Teknik Sabo dan Keraton Yogyakarta untuk bertemu dengan Sultan Hamengkubuwono X.

6. Kamis (22/6), Kaisar Naruhito dan rombongan akan mengunjungi Candi Borobudur dan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

7. Jumat (23/6), rombongan Kaisar Naruhito kembali ke Jepang. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.