Dark/Light Mode

Dubes Tanzania Macocha Tembele, Sumringah Resmikan Kantor Kedubes Di Jakarta

Jumat, 23 Juni 2023 23:17 WIB
Dubes Macocha Tembele kanan bersama Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Tax tengah dan Menlu Retno Marsudi di sela peresmian pembukaan kantor Kedutaan Besar Tanzania di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023. (Foto Kemlu)
Dubes Macocha Tembele kanan bersama Menteri Luar Negeri Tanzania Stergomena Tax tengah dan Menlu Retno Marsudi di sela peresmian pembukaan kantor Kedutaan Besar Tanzania di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023. (Foto Kemlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah hampir satu tahun berbenah, akhirnya Duta Besar (Dubes) Tanzania untuk Indonesia, Macocha Tembele bisa menyaksikan peresmian kantor Kedutaan Besar negaranya di Jakarta, Kamis (22/6).

“Ini momen yang saya nantikan sejak saya tiba di Indonesia,” ujarnya, dengan senyum sumringah menghiasi wajah.

Tanzania dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1964. Dubes yang sudah menyerahkan surat kepercayaan pada Presiden Joko Widodo September 2022 itu mengatakan, timnya terus menyiapkan diri untuk membuka layanan kekonsuleran, layanan informasi bisnis, investasi, pendidikan hingga wisata untuk warga Indonesia yang penasaran seputar negaranya di Afrika Timur ini.

Baca juga : Bunda Merah Putih Gelar Sunatan Massal Di Jakarta

Menurut Tembele, adanya Kedubes di Jakarta jadi kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan keindahan Tanzania.

“Sebelumnya, kantor perwakilan Tanzania ada di Malaysia. Kami merasa perlu membuka kantor perwakilan di Jakarta, karena potensinya besar,” lanjutnya.

Akhirnya, Kedubes Tanzania pun resmi dibuka di Jakarta. Bertempat tidak jauh dari Gedung Sekretariat ASEAN, di Jalan Iskandarsyah II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga : Lukas Enembe Sebut Dakwaan Tak Jelas, Jaksa: Iqra!

Menteri Luar Negeri Tanzania, Stergomena Tax dan Menlu Retno Marsudi ikut meresmikan dengan memotong pita berwarna hijau, biru, kuning dan hitam, simbol dari warna bendera nasional Tanzania.

Ditanya rencana pertama Dubes Tembele pasca diresmikannya kantor baru tersebut, dia menyatakan sangat berambisi meningkatkan angka turis Indonesia ke Tanzania.

“Kami ingin meniru Indonesia. Tanzania juga memiliki banyak tempat wisata seperti Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Ditemani Khofifah, Jokowi Resmikan Pabrik Foil Tembaga Di Jatim

Tembele pun membeberkan sejumlah destinasi favorit di kampung halamannya. Seperti Pulau Zanzibar yang dikenal sebagai sebagai Spice Island, gunung tertinggi di Afrika, Kilimanjaro, serta taman nasional, yaitu Serengeti National Park dan Ngorongoro Crater. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.