Dark/Light Mode

Pimpin BNPP

Mahfud MD Dan Tito Resmikan Gerbangdutas 2023 Dari Maluku Barat Daya

Selasa, 13 Juni 2023 21:16 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan dalam kunjungan kerja ke Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku pada 14 Juni - 15 Juni 2023.

Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris BNPP Robert Simbolon, mengungkapkan  dalam agenda tersebut, akan dilaksanakan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023 dan kunjungan ke Pulau Meatimiarang.

Salah satunya, Pulau- Pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia yang berbatasan dengan perairan Timor Leste dan Australia.

"Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah BNPP, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, akan memimpin pencanangan Gerbangdutas Tahun 2023," jelas Robert, Rabu (14/6/2023).

Baca juga : Bisnis Penerbangan RI Bakal Makin Bergairah

Robert menjelaskan, pencanangan Gerbangdutas 2023, adalah gerakan nasional serentak sebagai simbol dimulainya pembangunan di kawasan perbatasan negara untuk tahun berjalan sesuai dengan rencana kerja pemerintah.

Pada Tahun 2023, Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7.717.285.968.789 untuk mendukung pelaksanaan rencana aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP).

"Dana sebesar Rp 7,7 triliunun untuk pembangunan kawasan perbatasan tersebut digunakan oleh 28 kementerian dan lembaga (K/L) yang sebagian besar merupakan anggota BNPP," kata Robert, yang secara definitif menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Robert melanjutkan, seremoni pencanangan Gerbangdutas Tahun 2023 diselenggarakan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Tiakur, Pulau Moa, MBD, pada hari Kamis, (15/6/2023).

Baca juga : Keliling Pakansari, Ganjar Lari Pagi Bareng Bima Arya

"Sejumlah layanan dan bantuan kepada masyarakat turut diberikan, antara lain berupa 850 paket sembako dari Bank BRI dan Bank BNI yang akan didistribusikan ke 12 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan, " tutur Robert.

Dua belas kecamatan Lokpri tersebut, lanjut Robert, adalah Kecamatan Letti, Kecamatan Moa, Kecamatan Kisar Utara, Kecamatan Kisar Selatan, Kecamatan Mdona Hiera, Kecamatan Pulau Masela, Kecamtan Wetar Barat, Kecamatan Wetar, Kecamatan Wetar Timur, Kecamatan Wetar Utara, Pulau Barbar, Pulau Terselatan.

Robert menambahkan, bantuan lainnya yang turut diserahkan untuk 12 kecamatan Lokpri, termasuk untuk satuan tugas pengamanan pulau terluar (Satgas Pamputer) adalah 30 unit motor tempel berkekuatan 7,5 PK.

Selain itu, genset 300 watt sebanyak 6 unit oleh PT. Deli Pratama Nusantara, serta solar cell 500 wh sebanyak 6 unit dari BAZNAS.

Baca juga : Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

Dalam pencanangan Gerbangdutas Tahun 2023 ini, sambung Robert, juga diselenggarakan layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang diselenggarakan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri; layanan Kesehatan Ibu dan Anak oleh Dinkes Provinsi Maluku dan Dinkes Kabupaten MBD.

"Pada Gerbangdutas kali ini juga kami memfasilitasi pelaksanaan Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas)," pungkas Robert.

Menko Mahfud MD dan Menteri Tito juga dijadwalkan mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tiakur Pulau Moa yang pengerjaan digarap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.