Dark/Light Mode

Dua Kali, Wali Kota Nikahi Buaya

Selasa, 4 Juli 2023 06:43 WIB
Wali Kota San Pedro Huamelula, Victor Hugo Sosa, mencium buaya kecil, jenis caiman sebelum menikahinya di San Pedro Huamelula, negara bagian Oaxaca, Meksiko, 30 Juni 2023. (Foto AFP/Rusvel Rasgado)
Wali Kota San Pedro Huamelula, Victor Hugo Sosa, mencium buaya kecil, jenis caiman sebelum menikahinya di San Pedro Huamelula, negara bagian Oaxaca, Meksiko, 30 Juni 2023. (Foto AFP/Rusvel Rasgado)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan penuh sayang, Wali Kota San Pedro Huamelula, Victor Hugo Sosa mencium buaya betina usia 7 tahun yang dinikahinya. Pernikahan unik ini merupakan ritual tahunan yang sudah berlangsung 230 tahun demi kemakmuran kota yang warganya kebanyakan punya mata pencaharian sebagai nelayan.

Sosa menggelar pernikahan dengan buaya betina jenis caiman bernama Alicia Andriana, 30 Juni 2023, di San Pedro Huamelula, nagara bagian Oaxaca, Mexico. Reptil ini mudah ditemukan di perairan Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan.

Baca juga : Denada, Oplas Demi Cari Nafkah

Saat prosesi pernikahan berlangsung, buaya memakai gaun putih. Moncongnya yang panjang dan dipenuhi gigi tak lupa diikat supaya tak makan korban.

Sosa mengucakan janji pernikahan sambil menggendong  reptil yang disebut masyarakat setempat sebagai Princess Girl.

Baca juga : Mahalini, Stress Jelang Nikah

"Saya menerima tanggung jawab karena kami saling mencintai. Itulah yang penting," kata Sosa saat ritual.

Ritual ini memperingati perdamaian antara kelompok masyarakat adat Chontal dan Huave, dengan wali kota, yang mewakili Raja Chontal, menikahi reptil yang melambangkan seorang Putri Huave.

Baca juga : Buntut Pungli, KPK Rotasi Sejumlah Pegawai Rutan

Sebelum upacara pernikahan, reptil dibawa dari rumah ke rumah agar penduduk bisa menggendongnya dan menari. Beberapa warga menyentuhkan jaring penangkap ikan ke buaya betina itu agar banyak menghasilkan tangkapan ikan. Oleh warga, buaya itu di yakini sebagai dewi yang mewakili Ibu Pertiwi yang memberikan hasil bumi yang melimpah.

Tahun lalu, sekitar waktu yang sama Sosa juga menikah dengan buaya 7 tahun yang disebutnya sebagai Little Princess atau Putri Kecil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.