Dark/Light Mode

Kaesang Incar Wali Kota Depok, Jokowi Mendoakan, Tidak Melarang

Kamis, 15 Juni 2023 08:59 WIB
Presiden Jokowi bersama Kaesang Pangarep (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi bersama Kaesang Pangarep (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk maju menjadi calon Wali Kota Depok sepertinya semakin mulus. Jokowi tak melarang niat Kaesang itu. Sebagai orang tua, Jokowi merestui dan mendoakan yang terbaik untuk Kaesang.

Jokowi menilai, Kaesang sudah dewasa dan sudah bisa menentukan jalan sendiri. Dalam tradisi di keluarganya, seorang anak yang sudah menikah, maka dia sudah dibebaskan dan punya tanggung jawab sendiri atas keputusan yang diambil.

"Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka," terang Jokowi, saat ditanya wartawan usai membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2023, di Kantor BPKP, Jakarta Timur, kemarin pagi.

Jokowi betul-betul memberikan kebebasan ke Kaesang. Dia hanya akan memberikan saran jika diminta Kaesang. Jika tidak, Jokowi tidak akan memberikan pendapat atas rencana kaesang maju di Depok.

"Kalau saya ditanya (Kaesang), saya pasti memberikan saran. Tapi, kalau tidak ditanya, saya pasti tidak memberikan saran. Tanyakan langsung ke Kaesang," imbuhnya.

Baca juga : Gibran: Yang Merestui Bukan Saya, Tapi Warga

Mengenai klaim Kaesang bahwa sudah direstui keluarga maju di Depok, Jokowi menyatakan, tugas orang tua memang merestui. "Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, kembali “ngerecoki” rencana adiknya tersebut. Kata Wali Kota Solo ini, restu Jokowi tidak terlalu penting bagi Kaesang untuk maju di Depok. Sebab, yang diperlukan Kaesang adalah restu dari warga Depok.

"Yang merestui itu warga, bukan Pak Jokowi, bukan ini. Yang merestui itu warga ya, itu," tegasnya, di Loji Gandrung, Solo, kemarin.

Sebab itu, Gibran menyarankan adiknya segera mendatangi Kota Depok. Sebelum benar-benar ingin mengetahui keluh kesah warganya, setidaknya Kaesang pernah menginjakkan kakinya di daerah yang ingin dipimpinnya.

"Yang merestui itu warga setempat. Yo kono (ya sana) blusukan neng (ke) Depok, diterima atau nggak. Kuncinya kan itu," sarannya.

Baca juga : Makan Sayur Lodeh Berdua, Pengamat Nilai Dukungan Jokowi Ke Ganjar Sudah Jelas

Gibran mengaku, Kaesang tak pernah minta saran kepada dirinya terkait rencana merenggut kursi Depok satu itu. Begitu juga mengenai partai mana yang akan dijadikan kendaraannya.

"Nggak pernah minta. Takok (tanya) Kaesang mau beda partai, beda wilayah silakan, nggih monggo (ya silakan)," ucapnya.

Keseriusan Kaesang untuk maju di Depok semakin terlihat. Kemarin, suami Erina Gudono ini menemui Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni. PSI merupakan partai yang mendorong Kaesang maju di Depok.

"Senang bisa ketemu Mas Depok Pertama @kaesangp, suaminya Mbak Ersofgun @erinagudono. Banyak percakapan menarik. Dari bisnis, politik, dan masa depan anak muda Indonesia," tulis Raja Juli melalui akun Instagram @rajaantoni.

Raja Juli lalu mengumbar angin surga. "Senangnya rakyat Depok, kelak punya wali kota muda, progresif, dan tampil apa adanya, nggak jaim," tutur Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang itu.

Baca juga : Penjualan Naik 3 Kali Lipat, Shopee Andalkan Fitur Live Shopping

Sementara, Ketua DPP PDIP Said Abdullah yakin betul, Kaesang bakal maju melalui PDIP. Namun, ia juga menyindir pihak yang mencari keuntungan di situasi ini.

"Insya Allah Mas Kaesang akan lewat PDIP. Karena apa? Ini kan selalu ada pihak-pihak yang ganggu, yang mengganggu itu biasanya karena ingin partainya ingin jadi besar, maka mengganggu yang besar," sindir Said ke PSI.

Di dunia maya, warganet terbelah menyikapi rencana Kaesang maju di Depok. Ada yang mendoakan Kaesang, ada juga mencibirnya.

"Setiap warga negara punya hak politik, dan berhak ikut Pemilu. Menang kalah tergantung masyarakat yang punya hak pilih," ucap @Bambang_Budimab, mendukung Kaesang. "Semoga menang, dan membawa perubahan," sahut @hafizkedaung1.

Akun @86Bohay menjadi salah satu yang nyinyir. "Suruh pulang aja bocil ke Solo. Jadi lurah atau ketua RW. Depok biar diurus sama orang Depok yang paham dan mengerti Depok," tulisnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.