Dark/Light Mode

Ketemu Dubes Xie Feng, Rosan Senang Dikunjungi Sahabat Lama

Kamis, 13 Juli 2023 10:50 WIB
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani (kanan) bertemu dengan Dubes China untuk AS Xie Feng/Ist
Dubes Indonesia untuk AS Rosan Perkasa Roeslani (kanan) bertemu dengan Dubes China untuk AS Xie Feng/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengaku senang dikunjungi sahabat lama, yang kini menjabat Duta Besar China untuk AS, Xie Feng, di KBRI Washington DC.

Dubes Xie Feng pernah menjabat Dubes China untuk Indonesia pada 2014-2017.  

“Dubes Xie Feng berbagi cerita pengalamannya yang berkesan selama bertugas sebagai Dubes China untuk Indonesia. Karena itu, pertemuan kami serasa berjumpa dengan sahabat lama,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (13/7).

Baca juga : Perkuat Dukungan, Relawan Bentuk Radio Dan Gigi Ganjar

Saat menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020, Dubes Rosan kerap bertemu Dubes Xie Feng untuk membahas langkah-langkah konkret meningkatkan hubungan perdagangan, industri dan investasi antara Indonesia-China.

Pada  pertemuan yang berlangsung akrab di KBRI, kedua pemimpin juga membahas sejumlah isu, khususnya terkait hubungan Indonesia-China di berbagai bidang. Utamanya di sektor ekonomi, investasi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan dan kawasan. 

Saat ini, China tercatat sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia.

Baca juga : Dubes Rosan Roeslani Nobar Peluncuran Satelit Satria-1

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi China ke Indonsia mencapai 5,18 miliar dolar AS pada 2022. 

Angka itu melonjak 63,92 persen dari tahun sebelumnya (year on year/yoy), sekaligus menjadi rekor tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Di bidang pendidikan, Indonesia bekerja sama dengan China, meliputi ekonomi digital, infrastruktur digital dan tata kelola digital.

Baca juga : Stevianne Agnecya, Bantah Selingkuhi Samuel

“Kami sepakat semua upaya kerja sama yang sudah terjalin akan terus ditingkatkan. Kami juga berkomitmen menciptakan kawasan damai,” kata Dubes Rosan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.