Dark/Light Mode

Presiden Korsel Dan Istri Mendadak Ke Ukraina, Ngapain Ya?

Sabtu, 15 Juli 2023 17:46 WIB
Presiden Korsel Dan Istri Mendadak Ke Ukraina, Ngapain Ya?

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan Ibu Negara Kim Keon Hee dilaporkan melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina, setelah mengakhiri kunjungan tiga hari kunjungan di Polandia, Sabtu (15/7).

Kantor Berita Korsel, Yonhap menyebut, kunjungan ini adalah sinyal dukungan kuat untuk Ukraina, di tengah kondisi perang yang berlangsung sejak Februari 2022.

Baca juga : Presiden Cek Langsung Pembuatan Patung Garuda Istana Kepresidenan Di Nyoman Nuarta Gallery

"Presiden Yoon akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, untuk membahas rencana bantuan Korsel," ungkap Juru Bicara Kepresidenan Korsel, Kim Eun-hye, Sabtu (15/7).

Kim menambahkan, pagi ini, Yoon mengunjungi lokasi pembunuhan massal di Bucha, dekat Kyiv. Lalu, lanjut mengunjungi Irpin, daerah pemukiman sipil yang menjadi sasaran serangan rudal skala besar.

Baca juga : Presiden Harap Tol Cisumdawu Dukung Operasional Bandara Kertajati

Selanjutnya, Yoon dijadwalkan meletakkan karangan bunga di Wall of Remembrance of the Fallen for Ukraine di Kiev, dan menggelar konferensi pers bersama dengan Zelenskyy setelah pertemuan puncak.

Seorang pejabat kepresidenan mengatakan kepada wartawan, Yoon datang atas undangan Zelensky, serta mengikuti pertimbangan internal mengenai keamanan dan keselamatan.

Baca juga : Diungkap Konsultan Inggris, Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan

"Kami sedang mempersiapkan langkah-langkah komprehensif dan konkret, untuk bantuan dan kerja sama antara Ukraina dan Korsel, sesuai prinsip negara kami," kata pejabat itu.

Pertemuan puncak Yoon dan Zelensky akan membahas rencana kerja sama selama perang dan di masa depan. Termasuk, upaya rekonstruksi pasca perang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.