Dark/Light Mode

Kamboja Gelar Pemilu, PM Baru Sudah Ketahuan: Anak Hun Sen

Jumat, 21 Juli 2023 21:33 WIB
Hun Manet, putra Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, berkampanye di Phnom Penh, Jumat, 21 Juli 2023. (Foto EPA-EFE)
Hun Manet, putra Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, berkampanye di Phnom Penh, Jumat, 21 Juli 2023. (Foto EPA-EFE)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamboja akan menggelar pemilu pada Minggu, 23 Juli 2023. Sudah menjadi rahasia umum, yang bakal menang tetap partai Cambodia People Party (CPP) yang dipimpin Perdana Menteri Hun Sen. Sedangkan yang bakal jadi PM adalah putra sulungnya, Hun Manet.

Meski akan diikuti 18 partai, pemilu di Kamboja hanya formalitas saja. PM Hun Sen (70) menyebut putranya, Hun Manet (45), akan menggantikan dirinya. Namun banyak yang menyebut, Hun Sen yang memimpin Kamboja hampir 40 tahun, akan menjadi tokoh di belakang layar setelah pensiun nanti.

Baca juga : Gaet Trader Pemula, MIFX Gencar Edukasi Dan Inovasi Trading Forex

"Dalam 3 atau 4 pekan, Hun Manet bisa menjadi perdana menteri. Itu bergantung pada apakah Hun Manet mampu melakukannya atau tidak," kata Hun Sen, dalam wawancara dengan stasiun televisi China, Phoenix China, yang tayang Kamis (20/7).

Pada kampanye hari terakhir Jumat (21/7), Hun Manet meluncurkan ratusan mobil, tuk-tuk, dan sepeda motor.

Baca juga : MK Kerahkan 600 Pegawai

"Sejarah telah menunjukkan bahwa hanya CPP yang memiliki kemampuan untuk membawa keamanan dan perdamaian ke Kamboja," katanya di distrik Diamond Island, Phnom Penh, tempat para pendukung partai tersebut berkumpul.

Hun Manet juga menuduh kelompok-kelompok ekstremis mencoba untuk merusak pemilu yang akan datang. "Tetapi rakyat Kamboja telah mengetahui trik-trik kotor tersebut," katanya. 

Baca juga : Ingat! Pegang Teguh Aturan Dan Kode Etik

Meskipun jenderal bintang empat berusia 45 tahun ini telah ditetapkan sebagai calon PM yang diusung CPP, sebelum Hun Sen bicara, partai ini belum menjelaskan kapan transisi politik akan terjadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.