Dark/Light Mode

Kamboja Gelar Pemilu, PM Baru Sudah Ketahuan: Anak Hun Sen

Jumat, 21 Juli 2023 21:33 WIB
Hun Manet, putra Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, berkampanye di Phnom Penh, Jumat, 21 Juli 2023. (Foto EPA-EFE)
Hun Manet, putra Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, berkampanye di Phnom Penh, Jumat, 21 Juli 2023. (Foto EPA-EFE)

 Sebelumnya 
Phil Robertson dari Human Rights Watch mengatakan, prospek penyerahan dinasti semacam ini telah membuat Kamboja lebih terlihat seperti Korea Utara daripada negara demokrasi.

Hun Sen punya lima anak dan telah mengukir peran politik untuk ketiga putranya. Tanggung jawab paling senior dipercayakan kepada anak sulungnya. Hun Manet, yang sudah menjadi anggota kuat komite tetap CPP. Dia juga menjabat sebagai komandan Tentara Kerajaan Kamboja sejak 2018 dan bertemu dengan pejabat asing dan pemimpin dunia termasuk Presiden Xi Jinping dari China yang menjadi sekutu utama Kamboja.

Baca juga : Gaet Trader Pemula, MIFX Gencar Edukasi Dan Inovasi Trading Forex

Politik Hun Sen dibentuk oleh pengalaman selama revolusi dan perang sebagai seorang pemuda yang tumbuh dalam rezim genosida Khmer Merah. Pengalaman ini membentuknya menjadi salah satu politisi paling efektif, dan paling kejam, di generasinya.

Hun Sen menjabat sebagai perdana menteri pada 1985, saat baru berusia 32 tahun. Sebaliknya, putranya dibesarkan dalam kemewahan dan dididik di luar negeri, termasuk di akademi militer AS West Point, Amerika Serikat dan lulus dari Universitas Bristol, Inggris. 

Baca juga : MK Kerahkan 600 Pegawai

Tanpa dukungan sang ayah, tidak jelas Hun Manet akan mampu melakukan perubahan meskipun dia menginginkannya. Hun Manet juga dinilai belum teruji di arena politik.

Hun Manet mengenyam pendidikan militer di West Point, Amerika Serikat, sarta meraih gelar doktor bidang ekonomi di Universitas Bristol Inggris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.