Dark/Light Mode

Dubes Suryo Pratomo Gelar Pameran Anggrek Bareng 4 Negara ASEAN

Jumat, 4 Agustus 2023 07:11 WIB
Dubes Suryo Pratomo memakai beskap berkeliling pameran anggrek di Gardens by the Bay, Singapura, Minggu, 31 Juli 2023. (Foto KBRI Singapura)
Dubes Suryo Pratomo memakai beskap berkeliling pameran anggrek di Gardens by the Bay, Singapura, Minggu, 31 Juli 2023. (Foto KBRI Singapura)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura bersama Gardens by the Bay, Thailand, serta Komisi Tinggi Brunei Darussalam dan Malaysia di Singapura, menggelar pameran anggrek, arsitektur hingga budaya di Flower Dome Gardens by The Bay. Acara bertajuk Orchid Extravaganza: Orchid of the East Tropics ini dibuka Jumat (28/7) hingga 17 September nanti.

“Pameran ini adalah kerja sama lintas negara terbesar yang dilakukan Gardens by the Bay hingga saat ini. Selain anggrek, juga dipamerkan kebaya, yang telah dikurasi oleh masing-masing kedutaan besar atau komisi tinggi untuk mewakili budaya negara mereka,” terang Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/8).

Menurut Dubes yang akrab di sapa Tommy itu, KBRI Singapura menyambut dengan baik ajakan kerja sama Gardens by the Bay dengan tiga negara ASEAN. Selain anggrek, masing-masing negara juga menampilkan rumah tradisional.

Baca juga : Dukung Prabowo, GP Prabu Target Menang Di Kandang Banteng

Rumah leluhur Suku Toraja di Sulawesi Selatan, Indonesia, dengan atap berbentuk perahu yang sangat besar, dipilih untuk merepresentasikan keindahan budaya Indonesia.

Pameran dibuka Menteri Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda Singapura, Edwin Tong, didampingi empat diplomat dari negara-negara yang anggreknya dipamerkan. Mereka adalah Dubes Suryo Pratomo, Dubes Thailand untuk Singapura, Chutintorn Gongsakdi, Komisioner Tinggi Brunei Darussalam untuk Singapura Dato Paduka Haji Sidek bin Ali, dan Komisioner Tinggi Malaysia untuk Singapura Dato’ Azfar Bin Mohamad Mustafar.

CEO Gardens by the Bay, Felix Loh menyampaikan, Gardens by the Bay merasa terhormat dapat bergandengan tangan dengan negara tetangga untuk pertama kalinya, menggelar pameran bunga multinasional dan yang terbesar.

Baca juga : Anies Berusaha Tenang

Anggrek dianggap bunga penting di masing-masing lima negara. Sebagai contoh, anggrek merupakan salah satu bunga nasional Indonesia, bunga Negara Bagian Sarawak di Malaysia, aspek integral ekonomi Thailand yaitu ekspor tumbuhan, dan di hutan Brunei Darussalam, beberapa spesies paling langka di dunia dapat ditemukan.

Sementara di Singapura, anggrek tidak hanya menjadi bunga nasional, tetapi juga menjadi media soft diplomacy.

Lebih dari 7.000 anggrek yang dipamerkan dalam acara tersebut memiliki asal-usul yang dapat dilacak dari Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Selain anggrek hibrida, terdapat juga spesies asli dari masing-masing negara yang dipamerkan, beberapa di antaranya dikembangbiakkan para peneliti Gardens by the Bay. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.