Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Spesial HUT Ke-50 RI-Korsel

FPCI-KF Luncurkan Indonesian Next Generation Journalist Network On Korea Batch 3

Minggu, 6 Agustus 2023 19:47 WIB
Direktur Korea Foundation Choi Hyun Soo saat membuka Program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea di Bengkel FPCI, Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (2/8). (Foto: Bambang Trismawan/Rakyat Merdeka/RM.id)
Direktur Korea Foundation Choi Hyun Soo saat membuka Program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea di Bengkel FPCI, Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (2/8). (Foto: Bambang Trismawan/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Korea Foundation (KF) resmi membuka Program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 3 di Bengkel Diplomasi, Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (2/8).

Kick off-nya dilakukan oleh Founder dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal dan Direktur KF Jakarta Choi Hyun-Soo.

 

 

"Selamat kepada 15 peserta terpilih dalam program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 3," kata Dino via Zoom dari Singapura, Rabu (2/8).

Baca juga : FPCI-KF Gelar Indonesia-Korea Journalist Dialogue

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) itu berharap, para jurnalis yang ikut lokakarya dapat menimba pengalaman, dan menambah wawasan mengenai hubungan Indonesia-Korea Selatan (Korsel).

"Korea saat ini menjadi salah satu negara yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia," tegas Dino.

Pada kesempatan yang sama, Direktur KF Jakarta Choi Hyun-Soo berharap, program Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea Batch 3 ini dapat lebih bermakna dan istimewa, karena berbarengan dengan momen 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea.

"Semoga, para peserta yang mengikuti program ini, dapat membangun pemahaman yang mendalam dan tulus antara Korea dan Indonesia. Tercipta saling pengertian antara kedua negara,” kata Choi.

Kick off ini bersamaan dengan workshop pertama (totalnya ada 6) yang diikuti 15 jurnalis terpilih. Salah satunya, wartawan Rakyat Merdeka Bambang Trismawan.

Baca juga : Surge Bakal Luncurkan Ekosistem Multiverse Terbaru, MyVerse

Workshop ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk terlibat dalam diskusi dengan para pakar, praktisi, akademisi, pembuat kebijakan, dan cendekiawan.

Temanya beragam. Tak cuma soal gelombang budaya Korea (K-wave), tetapi juga hal-hal lain yang terkait hubungan dua negara.

Workshop ini menjadi semacam pembekalan, sebelum 15 peserta diberangkatkan ke Korsel selama sepekan. 

Mitra Strategis

Workshop pertama Indonesian Next Generation Jourmalist Network on Korea menghadirkan Deputi Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Vahd Nabyl A Mulachela, dan Dosen Ilmu Politik dan Hubungan Internasional dari Korea University, Profesor Jae Hyeok Shin.

Kedua narasumber itu antara lain menceritakan perjalanan hubungan Indonesia dan Korea, yang kini semakin kuat, erat, dan dekat.

Baca juga : FPCI Luncurkan 2nd Batch Indonesian Next Generation Journalist on Korea

Kedua negara yang tahun ini merayakan 50 tahun hubungan diplomatik, memandang satu sama lain sebagai mitra strategis.

Menguatnya hubungan kedua negara, bukan hanya karena alasan ekonomi semata. Namun, dilandasi hal yang lebih mendasar seperti kesamaan pandangan terhadap nilai-nilai demokrasi, HAM, ekonomi terbuka, stabilitas, dan kemakmuran.

Kedua negara juga memiliki pandangan geopolitik yang sama, yaitu mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas, aman, dan sejahtera di tengah persaingan China-AS.

Kemesraan kedua negara ini juga tampak dari para pucuk pimpinan negara. Presiden Jokowi dan Presiden Korea Yoon Suk Yeol intens bertemu membahas berbagai kerja sama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.