Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Hubungan Indonesia-Korsel

FPCI-KF Gelar Indonesia-Korea Journalist Dialogue

Sabtu, 17 Desember 2022 12:12 WIB
Perkuat Hubungan Indonesia-Korsel FPCI-KF Gelar Indonesia-Korea Journalist Dialogue

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia-Korea Journalist Dialogue digelar pada 16 Desember 2022 di Bali. Even ini dihelat atas kerjasama antara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Korea Foundation (KF).

Para peserta Indonesia-Korea Journalist Dialogue bersama Ketua sekaligus Pendiri FPCI (duduk/ke-4 kanan) Dr. Dino Patti Djalal, M.A, dan Direktur KF Jakarta, Choi Hyunsoo (duduk/ke-3 kanan). [Foto: FPCI]

Ketua sekaligus Pendiri FPCI, Dr. Dino Patti Djalal, M.A, mengingatkan, hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan, adalah aset bagi kebijakan luar negeri Indonesia. Apalagi, ujarnya, Korsel adalah mitra strategis yang terbilang khusus.

Baca juga : LPB MUI Inisiasi Masjid Darurat Di Cianjur

“Hubungan kemitrraan dengan Korsel sangat hidup dan komprehensif. Banyak sekali kegiatan dan pertemuan yang sudah digelar oleh kedua negara,” ujar mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia ini, saat membuka dialog.

Konjen Republik Korea, Moon Young Ju (kiri), Ketua/ Pendiri FPCI, Dr. Dino Patti Djalal, MA (tengah) dan Direktur Korea Foundation (KF) Jakarta, Choi Hyunsoo. [Foto: FPCI]

Hal ini, lanjutnya, karena hubungan bilateral dengan Korsel yang sangat terbuka lebar, baik secara politik, diplomatik, ekonomi juga budaya, dalam menggalang kerjasama bagi kedua negara. “Apalagi, kedua negara tak punya sejarah konflik di masa lalu,” ujar mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu lagi.

Baca juga : Wantimpres Agung Laksono: Semoga Hubungan Indonesia-Malaysia Semakin Baik

Sementara Konsul Jenderal Republik Korea, Moon Young Ju menekankan, bahwa tahun ini, Indonesia dan Korsel memasuki usia 50 tahun hubungan diplomatik. Hubungan kedua negara selama ini, hingga akhirnya memasuki usia 50 tahun, ujarnya, tentunya juga turut didukung oleh peran penting jurnalis dalam menyampaikan berita-berita tentang Indonesia-Korsel.

Suasana berlangsungnya Indonesia-Korea Journalist Dialogue. [Foto: FPCI]

Terlebih lagi, Moon juga mengingatkan, kedua negara adalah mitra yang saling mendukung pembangunan bersama. Sehingga penting bagi kedua negara sama-sama memiliki pemahaman yang mendalam dan luas. “Untuk itu, saya minta, anda (jurnalis) berperan penting menjadi jembatan, dalam memperkuat hubungan kedua negara kita,” ujar diplomat yang bisa berbahasa Indonesia ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.