Dark/Light Mode

Dubes Singapura Kwok Fook Seng Dampingi Peserta SMP Lihat Keindahan Makassar

Senin, 7 Agustus 2023 07:12 WIB
Dubes Kwok Fook Seng (kiri) didampingi Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto melihat keindahan Makassar. (Foto Dok Pemkot Makassar)
Dubes Kwok Fook Seng (kiri) didampingi Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto melihat keindahan Makassar. (Foto Dok Pemkot Makassar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia, Kwok Fook Seng baru saja mendampingi peserta 30th Senior Management Programme (SMP) Singapore berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, pada 3-4 Agustus. Para peserta SMP ini melihat keindahan budaya masyarakat Bugis serta kemajuan kota Makassar.

Dalam kunjungan singkat ini, Dubes Kwok dan peserta SMP mengunjungi Lorong Wisata Zurich di Kompleks Dewi Kumala Sari Tamalanrea, Makassar. Dia mengaku mendapatkan pengalaman baru, dari kunjungannya ke Lorong Wisata ini. Turut mendampingi, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

“Ini pengalaman sekaligus pembelajaran yang bagus untuk kami mengenai program yang digagas Wali Kota Makassar. Banyak manfaat yang diberikan dengan adanya kelompok atau komunitas di Lorong Wisata,” aku Dubes Kwok, dikutip laman web Pemerintah Kota Makassar, Sabtu (5/8).

Baca juga : Ketemu Dubes Xie Feng, Rosan Senang Dikunjungi Sahabat Lama

Wali Kota yang akrab disapa Danny itu menjelaskan keunggulan yang ada di Lorong Wisata Zurich. Yakni di tengah kepadatan penduduk, bisa mengembangkan potensi pertanian perkotaan.

Beragam komoditas pangan ditanam di Lorong Wisata Zurich. Mulai dari pakcoy, kangkung, kembang kol, hingga cabai.

Masyarakat di Lorong Wisata Zurich juga mengembangkan budi daya ikan lele, lobster air tawar, serta maggot atau Black Soldier Fly (BSF) sebagai pakan ternak dan minyak bahan dasar kosmetik.

Baca juga : Muhammadiyah Pagedangan & Fokm4l Medang Lestasi Gelar Sunatan Massal

“Jadi ini sangat menarik, bagaimana kita bisa melihat ada manajemen yang baik. Termasuk bank sampah,” sambung Dubes Kwok.

Jelajahi Lorong Wisata Zurich

Usai menjelajahi Lorong Wisata Zurich, Danny juga mengajak Dubes Kwok dan rombongan menikmati jus pakcoy, jus markisa, susu kurma, dan kripik olahan masyarakat sekitar. Bahkan, ada beberapa peserta yang membeli sebagai buah tangan.

Walkot Danny juga mengajak peserta SMP melihat program Bank Sampah. Termasuk shelter warga. Dia mengaku bangga bisa memperlihatkan keunggulan Lorong Wisata Zurich. Apalagi, program Lorong wisata itu menjadi upaya Pemkot Makassar memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Sinergitas DPR Dan Pemerintah, Kunci Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

“Di Lorong Wisata inilah saya mengajak masyarakat menanam sejumlah komoditi, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Danny.

Dia bilang, menanam sejumlah komoditi juga sebagai bagian food security dalam memerangi inflasi. Termasuk dalam menguatkan hubungan sosial masyarakat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.