Dark/Light Mode

Jambore Pramuka Se Dunia Ke-25 Di Korsel

1.569 Orang Anggota Kontingen Indonesia Tiba Selamat Di Penampungan

Rabu, 9 Agustus 2023 10:10 WIB
Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia. (Foto: Ist)
Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia tiba dengan selamat di penampungan yang berada di Asrama Universitas Wonkwang, Provinsi Jeollabuk. Kontingen berkekuatan 1.569 orang itu mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-25 di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum yang juga berada di Provinsi Jeollabuk dari 1 sampai 12 Agustus 2023.

Wakil Kepala Kwarnas/Kakom Kehumasan & Informatika Berthold Sinaulan mengatakan, setelah dapat mengatasi cuaca panas dan bertahan di arena Jambore, akhirnya Kontingen Indonesia bersama seluruh peserta terpaksa harus dipindahkan dari arena Jambore. Sementara itu, beberapa negara mengundurkan diri karena tak tahan cuaca panas ekstrem.

Baca juga : Tinggalkan Saemangeum, Kontingen Indonesia Pindah Ke Asrama Wonkwang University

"Penyebabnya adalah Topan Khanun yang diprediksi akan melintas area Jambore pada 9-10 Agustus 2023," ujar Berthold Sinaulan dalam keterangan tertulis, Rabu (9/8).

Pemerintah Korea Selatan akhirnya memutuskan untuk memindahkan seluruh 39.000 peserta dari 155 negara ke lokasi yang lebih aman. Kontingen Indonesia bersama beberapa kontingen negara lainnya mendapatkan tempat penampungan di Asrama Universitas Wonkwang.

Baca juga : Diterjang Panas Ekstrem Korsel, Kontingen Indonesia Di Jambore Dunia Tetap Solid

Proses pemindahan dimulai 8 Agustus 2023 pukul 08.00, dan dimulai dengan menggunakan sekitar 1000 bus mengangkut seluruh peserta didik yang berusia 14-17 tahun. Setelah itu baru orang dewasa dipindahkan pula. Bus terakhir yang membawa kontingen Indonesia keluar dari perkemahan pada pukul 18.25 waktu Korea. Saat ini seluruh anggota kontingen Indonesia sudah aman di tempat penampungan.

Kedutaan Besar RI di Seoul juga membantu kegiatan pemindahan kontingen Indonesia, dengan mengerahkan staf dan para mahasiswa Indonesia di Korea Selatan yang bisa fasih berbahasa Korea, agar pemindahan berjalan lancar tanpa kendala.

Baca juga : Ridwan Kamil Lepas Kepergian Kontingen Jabar

"Saat ini semua anggota kontingen Indonesia dalam keadaan baik. Besok, 9 Agustus 2023, kegiatan Jambore akan berlanjut dengan kunjungan wisata ke beberapa tempat. Sementara penutupan Jambore tetap sesuai jadwal pada 11 Agustus 2023," ujarnya.

Acara penutupan yang dimeriahkan Konser KPop itu akan dilaksanakan di Sang-am World Cup Stadium di Seoul, mulai pukul 18.30. Kontingen Indonesia sendiri akan meninggalkan Korea Selatan untuk kembali ke Tanah Air, sesuai jadwal penerbangan masing-masing, yaitu pada 12,13, dan 14 Agustus 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.