Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jambore Dunia Ke-25 Korsel

Tinggalkan Saemangeum, Kontingen Indonesia Pindah Ke Asrama Wonkwang University

Selasa, 8 Agustus 2023 10:36 WIB
Unit pertama kontingen Jambore Dunia ke-25 asal Indonesia, yang tiba di Wonkwang University, Korea Selatan, Selasa (8/8). (Foto: KBRI Seoul)
Unit pertama kontingen Jambore Dunia ke-25 asal Indonesia, yang tiba di Wonkwang University, Korea Selatan, Selasa (8/8). (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses pemindahan kontingen Indonesia dalam Jambore Dunia ke-25 dari lokasi perkemahan Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan (Korsel) telah dimulai pada Selasa (8/8) pagi.

Menjelang sore, barulah tim International Service Team (IST) dan Contingen Management Team (CMT) Merah Putih akan bergeser menuju Kota Iksan, untuk bergabung dengan peserta anak-anak.

Pemindahan ini dilakukan sesuai arahan pemerintah Korsel, menyusul ancaman topan Khanun yang diprediksi melintasi Negeri Ginseng pada 9-10 Agustus 2023.

 

Bus pertama kontingen Indonesia, yang tiba di Asrama Wonkwang University, Selasa (8/8). (Foto: KBRI Seoul)

Baca juga : Diterjang Panas Ekstrem Korsel, Kontingen Indonesia Di Jambore Dunia Tetap Solid

 

"Kontingen Indonesia, seluruhnya akan ditampung di Asrama Wonkwang University, yang berjarak sekitar 55 km dari Saemangeum. Jadi, tidak di Seoul. Masih di Provinsi Jeolla Utara," demikian keterangan yang disampaikan KBRI Seoul, Selasa (8/8).

"Satu tim KBRI, (Candra dan Heru), telah tiba di lokasi Wonkwang University," imbuh keterangan tersebut.

Kepindahan kontingen Indonesia dari Saemangeum, juga terkonfirmasi melalui akun Instagram @kwarnasgerakanpramuka.

Baca juga : Sekjen KLHK Gelorakan Semangat Menanam Mangrove Di Indramayu

Foto-foto yang diposting dalam akun Instagram tersebut, menegaskan kepindahan kontingen Indonesia dari Saemangeum.

"Situasi ini menjadi apel pagi terakhir bagi CMT Kontingen Indonesia dan segera bergerak pindah ke Kota Iksan, Korea Selatan," demikian salah satu caption.

Dalam akun Instagram tersebut, Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Bethold DH Sinaulan menyampaikan, pemerintah Korsel telah menyiapkan 1.000 bus untuk mengangkut 39 ribu peserta Jambore Dunia ke-25.

"Pemindahan dimulai pukul 8 pagi ini, dan diperkirakan selesai 14 jam. Sudah dibuatkan alur pemindahannya berikut titik bus. Hanya ada satu jalur di rute keluar. Tidak ada trafik keluar masuk," jelasnya.

Baca juga : Lippo Group Aktif Tingkatkan Kemitraan Bisnis Indonesia-Hong Kong

Bethold memastikan, kegiatan Jambore Dunia ke-25 akan tetap diakhiri sesuai jadwal, pada Jumat malam, tanggal 11 Agustus 2023. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.