Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri

Jadi Tuan Rumah Perayaan HUT ASEAN

Jumat, 11 Agustus 2023 08:06 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri. (KBRI Helsinki)
Duta Besar Indonesia Untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri. (KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helsinki, Finlandia, Selasa (8/8), dipadati para duta besar negara-negara anggota ASEAN, diplomat dari negara sahabat hingga pejabat pemerintahan setempat. Mereka ikut memeriahkan perayaan HUT ke-56 ASEAN.

Acara perayaan di aula KBRI Helsinki berlangsung dengan hangat dan penuh keakraban. Para tamu tampak menikmati berbagai sajian makanan khas dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Seperti Gado-gado, Nasi Lemak, Pho hingga Tom Yam.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Finlandia dan Estonia, Ratu Silvy Gayatri, selaku Ketua ASEAN Helsinki Committee 2023, dalam sambutannya menyampaikan cita-cita ASEAN untuk menjadi organisasi regional yang tangguh dan tangkas dalam menghadapi berbagai tantangan, di level regional maupun global.

Baca juga : Sekolah Indonesia Dan Australia Bersinergi

“ASEAN diharapkan tetap relevan bagi masyarakat di kawasan dan dunia serta terus menjadi pusat pertumbuhan dan kemakmuran, sejalan dengan tema Keketuaan Indonesia di ASEAN, yakni ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Dubes Gayatri dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/8).

Dubes Gayatri juga menegaskan kembali komitmen para Pemimpin Negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung pada 10-11 Mei lalu di Labuan Bajo. Para pemimpin ASEAN berjanji memelihara arsitektur regional ASEAN yang terbuka, inklusif, transparan dan berdasarkan hukum. Para pemimpin ASEAN, sambungnya, akan terus memperkuat hubungan dengan mitra ASEAN dalam mengutamakan perdamaian, stabilitas dan pengembangan ketahanan kawasan.

Sebagai salah satu anggota Uni Eropa, Finlandia memiliki kapasitas yang mumpuni. Di antaranya dalam hal ilmu pe￾ngetahuan dan teknologi, ling￾kungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Baca juga : 16 Dokter Indonesia Lulusan Luar Negeri Mengabdi Di Tanah Air

“Negara-negara ASEAN berharap dengan keunggulannya, Finlandia dapat mendukung dan berkolaborasi dengan ASEAN dalam mengatasi berbagai tantangan bersama,” tuturnya.

Hal itu, kata Gayatri, telah tercantum dalam Joint Leader’s Statement ASEAN dan Uni Eropa, yang dihasilkan pada Desember lalu. Berbagai tantangan dimaksud, antara lain masalah keamanan siber dan kejahatan dunia maya, perubahan iklim, perlindungan biodiversitas dan lingkungan hidup, energi bersih, hingga ekonomi hijau.

Dalam kesempatan perayaan Hari ASEAN tersebut, Dubes Gayatri mengajak para negara mitra wicara ASEAN yang hadir untuk mendukung acara ASEAN Indo-Pacific Forum yang akan berlangsung di Jakarta, pada 4-5 September mendatang dengan mengundang para pengusaha dari negaranya masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.