Dark/Light Mode

Ikut Latihan Gabungan Super Garuda Shield 2023

Militer AS Dan Indonesia Terjunkan 4.000 Prajurit

Rabu, 30 Agustus 2023 03:03 WIB
Sebanyak 447 prajurit Angkatan Darat dan Marinir Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara TNI AL, Juanda, Surabaya, Senin, 28 Agustus 2023. (Foto Puspen TNI)
Sebanyak 447 prajurit Angkatan Darat dan Marinir Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara TNI AL, Juanda, Surabaya, Senin, 28 Agustus 2023. (Foto Puspen TNI)

 Sebelumnya 
Mereka akan mengikuti latihan gabungan di beberapa titik latihan di wilayah Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Mereka terdiri dari 2nd Infantry Brigade Combat Team, 25th Infantry Division, 225 Brigade Support Battalion, 2-11 Field Artillery yang seluruhnya berdinas di bawah Komando Indo Pasifik AS (Usindopacom) yang berlokasi di Hawaii.

Baca juga : Alter Ego Ares Kembali Banggakan Indonesia

Dalam keterangannya, Kedutaan Besar AS di Jakarta menyebut, di Surabaya dan Banyuwangi, pelatihan mencakup pertukaran akademis ahli dan lokakarya pengembangan profesional, simulasi komando dan kendali, latihan amfibi, operasi lintas udara (airborne operations). Selain itu, digelar juga latihan perebutan pangkalan udara serta pelatihan lapangan gabungan dengan latihan menembak senjata sebagai puncaknya.

Baca juga : Gabungan Seniman Indonesia Gelar Bandung Street Fashion

Sedangkan latihan pos komando akan berfokus pada tugas-tugas staf perencanaan misi dalam kerangka militer gabungan. Latihan lapangan akan melibatkan unsur-unsur kekuatan batalion dari masing-masing negara yang melatih keterampilan berperang untuk meningkatkan interoperabilitas (kemampuan dari dua atau lebih sistem atau komponen untuk berbagi pakai data/ informasi) dan kapasitas operasi gabungan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.