Dark/Light Mode

Ikut Latihan Gabungan Super Garuda Shield 2023

Militer AS Dan Indonesia Terjunkan 4.000 Prajurit

Rabu, 30 Agustus 2023 03:03 WIB
Sebanyak 447 prajurit Angkatan Darat dan Marinir Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara TNI AL, Juanda, Surabaya, Senin, 28 Agustus 2023. (Foto Puspen TNI)
Sebanyak 447 prajurit Angkatan Darat dan Marinir Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara TNI AL, Juanda, Surabaya, Senin, 28 Agustus 2023. (Foto Puspen TNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS), Indonesia dan lima negara lainnya berpartisipasi dalam Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 di Tanah Air pada 31 Agustus hingga 13 September 2023. Tak kurang dari 4.000 personel terlibat dalam latihan militer tahunan ini.

Panglima Angkatan Darat AS di Pasifik, Jenderal Charles Flynn mengatakan, Latihan Bersama ini wujud solidaritas multilateral yang kuat untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga : Alter Ego Ares Kembali Banggakan Indonesia

Selain AS dan Indonesia, latihan gabungan ini melibatkan, personel militer dari Jepang, Australia, Singapura, Inggris, dan Prancis. Sementara perwakilan militer Brunei, Brazil, Kanada, Jerman, India, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Papua Nugini, Filipina, Korea Selatan, dan Timor Leste akan hadir sebagai pengamat selama latihan berlangsung.

Super Garuda Shield 2023 akan melanjutkan kesuksesannya yang luar biasa pada tahun lalu,” kata Flynn dalam keterangan yang diterima Harian Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Gabungan Seniman Indonesia Gelar Bandung Street Fashion

Super Garuda Shield adalah program pertukaran militer terbesar setiap tahun antara Amerika Serikat dan Indonesia. Tahun ini jumlah pesertanya bertambah. Sekitar 2.100 anggota militer AS dan 1.900 anggota TNI dari berbagai matra.

“Latihan bersama multinasional ini menunjukkan komitmen kolektif dan kesatuan pemikiran kita, memungkinkan terciptanya Indo-Pasifik yang stabil, aman, dan lebih damai, bebas, dan terbuka,” imbuh Flynn.

Baca juga : Solid Dukung Ganjar, Milenial Riau Inginkan Indonesia Tangguh Dan Pemilu Damai

Dalam keterangan pers TNI, Jumat (25/8), personel AS tiba di Tanah Air. Dengan menggunakan pesawat komersial Atlas Air, 238 prajurit Angkatan Darat AS tiba di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal), Juanda, Surabaya. Selanjutnya, 447 personel Angkatan Darat dan Marinir AS mendarat di Lanudal, Juanda, Surabaya, Senin (28/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.