Dark/Light Mode

Bos Wagner Prigozhin Dimakamkan Di Kampung Halamannya, St. Petersburg

Rabu, 30 Agustus 2023 07:47 WIB
Upacara pemakaman Bos Wagner Yevgeny Prigozhin di Porokhovskoye, St. Petersburg, Rusia dilakukan secara sederhana, Selasa (29/8). (Foto: EPA-EFE via TASS)
Upacara pemakaman Bos Wagner Yevgeny Prigozhin di Porokhovskoye, St. Petersburg, Rusia dilakukan secara sederhana, Selasa (29/8). (Foto: EPA-EFE via TASS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenazah bos kelompok tentara bayaran, Wagner Yevgeny Prigozhin telah dikebumikan di kota kelahirannya, St Petersburg, Rusia, Selasa (29/8/2023).

Upacara pemakaman pria yang pernah dikenal sebagai Koki Putin itu, digelar secara tertutup dan sederhana.

Siapa saja yang ingin mengucapkan selamat tinggal pada Prigozhin, dapat mengunjungi pemakaman Porokhovskoye.

Baca juga : Hasil Tes Genetik Pastikan, Bos Wagner Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat

"Atas permintaan keluarga, upacara pemakaman ini hanya dapat dihadiri keluarga dan kerabat," kata sumber terpercaya kepada TASS, Selasa (29/8). 

Prigozhin yang lahir pada 1 Juni 1961, dikonfirmasi tewas oleh pejabat Rusia, setelah tim penyelidik melakukan analisis genetik terhadap 10 jasad yang ditemukan dalam pesawat nahas, yang jatuh di Tver, barat laut Moskow, Rabu (23/8/2023).

Pasca kejadian ini, berkembang dugaan yang menyebutkan Kremlin berada di balik kematian Prigozhin. Namun, spekulasi tersebut dibantah mentah-mentah oleh Kremlin.

Baca juga : Rusia Sebut Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Jet Bisnis

"Banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat tersebut, serta kematian tragis penumpangnya, termasuk Yevgeny Prigozhin. Tentu saja, di Barat, semua spekulasi ini disajikan dari sudut pandang yang sudah diketahui,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan, seperti dilansir Reuters, Sabtu (26/8).

Kala itu, Peskov juga tak banyak komentar, saat ditanya soal kemungkinan Putin menghadiri pemakaman Prigozhin.

"Satu-satunya hal yang bisa kami katakan saat ini, jadwal presiden agak padat," ucapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.