Dark/Light Mode

Rayakan Idul Adha Di Kampung Halaman

OSO: Kebersamaan Dan Toleransi Semakin Indah

Jumat, 30 Juni 2023 07:45 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) (tengah) bersalam-salaman dengan jemaah usai melakukan salat Idul Adha di Masjid Agung Oesman Al Khair di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), kemarin. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Periode 2017-2019 itu merayakan Idul Adha 1444 Hijriah di kampung halaman, sekaligus bersilaturahmi dengan warga Kabupaten Kayong Utara.
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) (tengah) bersalam-salaman dengan jemaah usai melakukan salat Idul Adha di Masjid Agung Oesman Al Khair di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), kemarin. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Periode 2017-2019 itu merayakan Idul Adha 1444 Hijriah di kampung halaman, sekaligus bersilaturahmi dengan warga Kabupaten Kayong Utara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura Oesman Sapta merayakan Idul Adha 1444 Hijriah di kampung halaman, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar). Dia berharap, Idul Adha menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi beragama di Tanah Air.

Tokoh nasional yang akrab disapa OSO ini melakukan shalat Idul Adha bersama keluarga di Masjid Agung Oesman Al Khair di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, kemarin. Shalat diimami oleh Qori Internasional asal Kalbar, KH Mustofa dan diikuti oleh ribuan jemaah.

Usai shalat dan mendengarkan khutbah, OSO diserbu ratusan warga yang ingin bersalaman dan melakukan foto bersama.

Dia juga menyerahkan hewan kurban, serta hadiah pemberang­katan ibadah haji kepada 10 orang, dan 60 paket umrah ke­pada warga di enam kecamatan di Kabupaten Kayong Utara.

Baca juga : Shalat Idul Adha Di KBRI Bangkok, Khatib Petik Totalitas Iman Dari Kisah Nabi Ibrahim Dan Ismail

OSO merasa senang bisa kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari raya ber­sama keluarga dan masyarakat, serta bersyukur situasi pandemi Covid-19 telah berakhir.

Selain itu, mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini juga bersyukur pertumbuhan ekonomi dan so­sial kemasyarakatan di kampung halamannya berjalan baik.

“Saya mengucapkan sela­mat Idul Adha kepada seluruh masyarakat Indonesia, khusus­nya masyarakat Kayong Utara. Alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) saya bisa bersilaturahmi dan melihat langsung kemajuanmasyarakat. Sudah 4,5 tahun saya tidak melihat ini, biasanyasetiap tahun saya pulang,” ujarnya.

OSOjuga bersyukur dengan suasana kebersamaan dan toleransi beragama, yang semakin baik. Dia berharap, Idul Adha menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi beragama di Tanah Air.

Baca juga : Makna Idul Adha, Menteri Basuki: Tanamkan Keikhlasan Saat Bertugas

“Idul Adha memiliki dimensi nilai luhur dalam pembentukan karakter individu dan masyarakat, yang mengedepankan solidaritas dan sikap empatik terhadap sesa­ma. Sikap ini pentingditerapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Deklarator dan Tokoh Pemekaran Kabupaten Kayong Utara ini juga mendoakan para jemaah haji Indonesia yang sedang beribadah di Tanah Suci.

“Semoga saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji, bisa kembali dengan selamat, sehat dan menjadi haji mabrur,” doanya.

Pada malam takbir, OSO bersama Bupati Kayong Utara Citra Duani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para ulama di Kabupaten Kayong Utara, menghadiri acarapelepasan takbir keliling di Masjid Agung Oesman Al Khair.

Baca juga : Maknai Idul Adha, Zulhas Ingatkan Pentingnya Pengorbanan Demi Kemajuan Indonesia

Puluhan mobil yang dihias dengan berbagai ornamen kea­gamaan, menggemakan takbir di ruas-ruas jalan utama Kabupaten Kayong Utara.

“Kerukunan umat beragama semakin hari semakin meningkat. Bukan hanya di sini saja, tapi di kabupaten dan kota serta provinsi lain juga begitu. kabupaten dan kota di provinsi lain juga begitu. Saya melihat keber­agaman umat beragama semakin indah. Kondisi ini harus kita dipe­lihara bersama,” ajaknya.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.