Dark/Light Mode

Dubes RI Di Riyadh Abdul Aziz Ahmad Pimpin Delegasi MIKTA Sambangi GCC

Sabtu, 2 September 2023 07:37 WIB
Dubes Indonesia untuk Arab Saudi abdul Azis Ahmad (ketiga kiri) berpose bersama Sekjen GCC Jasem Mohamed Al Budaiwi dan para Dubes negara MIKTA lainnya, di Gedung Sekretariat GCC, Riyadh, Selasa, 29 Agustus 2023. (Foto KBRI Riyadh)
Dubes Indonesia untuk Arab Saudi abdul Azis Ahmad (ketiga kiri) berpose bersama Sekjen GCC Jasem Mohamed Al Budaiwi dan para Dubes negara MIKTA lainnya, di Gedung Sekretariat GCC, Riyadh, Selasa, 29 Agustus 2023. (Foto KBRI Riyadh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad memimpin delegasi para Dubes dan Kepala Perwakilan negara-negara MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) untuk bertemu dengan Sekretaris Jenderal Gulf Cooperation Council (GCC), Jasem Mohamed Al Budaiwi di Gedung Sekretariat GCC, Riyadh, Selasa (29/8).

Rombongan Dubes Abdul Aziz disambut Assistant Secretary General of the GCC for Political Affairs and Negotiation, Abdulaziz Aluwaisheq. Pada pertemuan tersebut, Dubes Abdul Aziz memberikan penjelasan mengenai MIKTA.

Baca juga : Yaya Mulai Pimpin Latihan, Sato Fokus Lawan PSM

Dubes Abdul Aziz juga memaparkan tentang prioritas Keketuaan Indonesia dalam MIKTA pada 2023. Yaitu penguatan multilateralisme, pemulihan yang inklusif dan transformasi digital.

Dia berharap, kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua pihak dan juga mendukung tujuan-tujuan MIKTA dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan ini serta di tingkat global.

Baca juga : Dubes RI Riyadh Abdul Aziz Sambut WNI Evakuasi Sudan Di Jeddah

Selain itu, dibahas juga berbagai isu ekonomi internasional. Antara lain ketahanan pangan, pentingnya pasar energi yang kompetitif dan efisien, perlunya akses terjangkau untuk transisi energi bersih, serta peran kebijakan ekonomi terbuka dalam menciptakan ekonomi lintas wilayah yang kuat.

Peluang kerja sama antara MIKTA dan GCC juga menjadi salah satu topik utama pembicaraan. Rincian proposal kerja sama antara kedua pihak akan dibahas dalam waktu dekat. Ini menandakan komitmen kuat untuk memperkuat kerja sama antara GCC dan MIKTA dalam berbagai bidang.

Baca juga : Zulhas Dinilai Layak Pimpin Koalisi Kebangsaan

“Pertemuan ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antara MIKTA dan GCC,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2007- 2012 itu, dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.