Dark/Light Mode

HUT Kemerdekaan RI Dihadiri Menko Mahfud

Bintang K-Pop-Angklung Goyang Resepsi Di Seoul

Selasa, 5 September 2023 07:29 WIB
Dubes Indonesia Untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kedua kanan) dan Menko Polhukam Mahfud MD main angklung bersama para tamu di acara resepsi HUT RI di Hotel Lotte, Seoul, Korea Selatan, Kamis, 31 Agustus 2023. (Foto KBRI Seoul)
Dubes Indonesia Untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kedua kanan) dan Menko Polhukam Mahfud MD main angklung bersama para tamu di acara resepsi HUT RI di Hotel Lotte, Seoul, Korea Selatan, Kamis, 31 Agustus 2023. (Foto KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bintang K-Pop menggoyang panggung resepsi Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia, sekaligus peringatan Hubungan Persahabatan Indonesia-Korea Selatan (Korsel) ke-50.

Resepsi berlangsung meriah di Hotel Lotte, Seoul, Korsel, Kamis (31/8), dihadiri sekitar 700 undangan. Para tamu terdiri dari kalangan korps diplomatik, pejabat pemerintahan hingga friends of Indonesia.

Di pintu masuk, para tamu dibekali sebuah angklung dengan ukuran berbeda. Tamu yang penasaran, sesekali menggoyangkan alat musik khas Indonesia tersebut. Mereka penasaran dengan pesan pagar ayu yang mengatakan angklung tersebut akan dipakai di tengah acara resepsi.

Mengawali acara, lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya terdengar syahdu. Dita Karang, penyanyi Indonesia yang berkarier di Korsel, menyanyikan lagu tersebut bersama anggota K-Pop girl band Secret Number. Dita merupakan Representative Icon untuk Peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia-Korea Selatan dari KBRI Seoul.

Baca juga : Tim Imigrasi Beijing Blusukan Bantu Pengurusan Paspor WNI

Setelah itu, para hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Korea “Aegukga”, dipimpin Asisten Profesor dari Universitas Daekyung, Lee Jung Pyo. Ia mengenakan busana dari Tenun Kalimantan.

Anggota grup K-Pop Super Junior, Choi Siwon, yang juga merupakan Duta Korsel untuk Peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia-Korea Selatan, turut menghadiri resepsi dan menyampaikan toast secara khusus.

Saat paling ditunggu-tunggu, para tamu diminta memegang angklung masing-masing. Mereka diajak memainkan lagu daerah dari Indonesia, Korea serta lagu pop “We Are the World” dan medley lagu dari grup K-Pop BTS, Blackpink dan Psy.

Tema Resepsi Diplomatik

Resepsi diplomatik HUT RI kali ini juga untuk mempromosi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui dekorasi ruangan yang hijau dan tampilan foto-foto IKN. Dikutip keterangan tertulisnya, kemarin, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Korsel Gandi Sulistiyanto menyampaikan capaian kerja sama bilateral dalam Kemitraan Strategis Khusus sangat dinamis di berbagai sektor.

Baca juga : Wapres Maruf Amin: Sudah Saatnya Indonesia Wujudkan Visi Besar

“Penguatan kerja sama di antara kedua negara yang berorientasi masa depan terus berkembang. Termasuk kontribusi investor Korea dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara,” ujar Dubes Sulis, panggilan akrabnya.

Dalam acara itu, Dubes Sulis juga berpamitan, sehubungan masa tugasnya di Seoul yang telah berakhir. Ia mendapat tugas baru sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sulis juga mengapresiasi dukungan semua pihak selama menjalankan tugas di Korsel.

Sementara, tamu kehormatan yang mewakili Pemerintah Korsel, Kim Gi Hyeon menegaskan dukungan terhadap hubungan erat Indonesia dan Korsel di berbagai bidang. Anggota National Assembly dan Ketua People Power Party (partai berkuasa) sekaligus Ketua Komite Persahabatan Parlemen Indonesia-Korea Selatan itu berharap, hubungan kedua negara semakin maju dalam 50 tahun mendatang.

Menurutnya, kemitraan kedua negara yang kuat memberikan efek positif bagi negara-negara sekitar, khususnya menjaga perdamaian dan menciptakan kemakmuran di kawasan.

Baca juga : Santri Ganjar Gelar Doa Bersama Hingga Lomba Di Ponpes Darussalam

Selain itu, Menko Polhukam Indonesia Mahfud MD, yang menjadi tamu kehormatan pada resepsi, menggarisbawahi bahwa Indonesia dan Korsel memiliki modalitas kuat dan unik memajukan kemitraan dengan kesamaan nilai-nilai. Seperti demokrasi, ekonomi terbuka, cinta damai, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) dan penegakan hukum internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.