Dark/Light Mode

Bawa Putra, PM Kanada Ke Jakarta, Hadiri KTT ASEAN, Lajut Ke Singapura Dan India

Selasa, 5 September 2023 08:21 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama putranya, Xavier Trudeau, bertolak ke Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN pada 5-6 September 2023. (Foto X @Trudeaus_Ego)
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama putranya, Xavier Trudeau, bertolak ke Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN pada 5-6 September 2023. (Foto X @Trudeaus_Ego)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau berkunjung ke Jakarta, Indonesia, untuk berpartisipasi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 5-6 September 2023. Perjalanannya akan diikuti dengan kunjungan ke Singapura dari 7-8 September dan berpartisipasi di KTT G20 di New Delhi, India, pada 9-10 September nanti.

Dalam kunjungan ini, Trudeau membawa putranya Xavier Trudeau (16). Keduanya berpose di depan pintu pesawat dengan mengenakan blazer. Suasana di luar pesawat sudah gelap. Mereka akan bertolak ke Jakarta, Senin (4/9). Sang PM memposting foto mereka berdua dia akun media sosial X (dulu Twitter) miliknya. 

"Malam ini, saya berfoto bersama anak saya setelah meminta pers untuk menghormati privasinya. Saya juga akan membawanya ke KTT ASEAN untuk mempersiapkannya terjun ke dunia politik, sehingga negara ini akan selalu memiliki seorang Trudeau yang akan memimpin," tulisnya. 

Dalam keterangan pers Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, selama berada di kawasan Indo-Pasifik pekan ini, PM Trudeau akan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan menghilangkan hambatan perdagangan guna menciptakan lapangan pekerjaan bagi kelas menengah dan membuat hidup lebih terjangkau bagi orang-orang di kedua sisi Samudra Pasifik.

Baca juga : PM Cook Islands Tamu Pertama KTT ASEAN Yang Tiba Di Indonesia

Trudeau juga akan bekerja sama untuk memperkuat hubungan antar warga dan mendorong aksi iklim. Ia  sangat bersemangat dalam kunjungan ini.

"Kita hidup di dunia yang semakin saling berhubungan, dan jelas bahea krisis hari ini hanya dapat diatasi jika kita saling berusaha. Saya menantikan untuk bertemu dengan para pemimpin global untuk membahas tantangan dan krisis yang kita hadapi saat ini, menangkap peluang untuk warga Kanada, dan memastikan ekonomi yang kuat untuk sekarang dan untuk generasi-generasi yang akan datang,” pernyataan PM ke-23 Kanada itu.

Masih dalam kunjungannya, di KTT ASEAN, PM Trudeau akan memperteguh dukungan Kanada terhadap ASEAN dan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik dan akan ambil bagian di KTT ASEAN-Kanada, yang akan ditandai dengan peluncuran resmi Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada.

Singapura Mitra Indo-Pasifik

Trudeau selanjutnya akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, untuk melanjutkan kerja bersama dalam melawan perubahan iklim, memperbaiki keamanan pangan, dan memajukan hubungan ekonomi termasuk dengan menggarisbawahi komitmen Kanada untuk merampungkan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia, pasar ekspor Kanada terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga : Ganjil Genap Berlaku Selama KTT ASEAN, Beberapa Titik Dapat Pengaturan Khusus

Di Singapura, mitra penting Kanada di dalam Strategi Indo-Pasifik Kanada, Trudeau akan memperkuat hubungan bilateral, terutama dengan mempromosikan ekspor Kanada dan memposisikan Kanada sebagai tujuan pilihan untuk peluang investasi.

Trudeau juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dan sejumlah pemimpin sektor swasta.

Di KTT G20 di New Delhi, India, di bawah tema “Satu Bumi – Satu Keluarga – Satu Masa Depan”, Trudeau akan bekerja dengan para mitra internasional untuk mengatasi krisis global dan mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam kapasitasnya sebagai Ketua Bersama kelompok Advokat SDG.  Mereka juga akan berkolaborasi di bidang perubahan iklim, keamanan pangan dan energi, kesetaraan gender, dan perbaikan kesehatan global.

Di KTT G20 juga, Trudeau akan terus memperjuangkan aksi bersama untuk menuntut pertanggungjawaban Putin atas perang ilegalnya di Ukraina dan menciptakan perdamaian yang adil dan bertahan lama.  Yang dimulai dengan penarikan pasukan Rusia dari Ukraina.

Baca juga : Capres Singapura Pernah Bekerja Di Indonesia Lho

Dalam kunjungan ini, Trudeau didampingi Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional dan Pengembangan Ekonomi, Mari Ng.

Sebagai informasi, diluncurkan bulan November 2022, Strategi Indo-Pasifik Kanada memajukan dan mempertahankan kepentingan Kanada dengan mendukung kawasan Indo-Pasifik yang lebih aman, makmur, inklusif, dan berkelanjutan sambil melindungi keamanan nasional dan ekonomi Kanada di dalam dan luar negeri.

Indo-Pasifik adalah pasar barang Kanada terbesar kedua, setelah Amerika Serikat, dengan nilai perdagangan dua arah senilai 270 miliar dolar Kanada (Rp 3.038 triliun) pada 2022.

Kanada adalah rumah bagi 1,3 juta penduduk keturunan Asia Tenggara, yang sangat berkontribusi terhadap tatanan ekonomi, budaya dan sosial Kanada.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.