Dark/Light Mode

Catatan Perjalanan Ke Negeri Singa (Seri 1)

Sowan Ke Nas Daily Singapura

Senin, 17 Juli 2023 08:00 WIB
Homebase Nas Daily di Gedung Pixel Singapura. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)
Homebase Nas Daily di Gedung Pixel Singapura. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama lima hari, wartawan Rakyat Merdeka Marula Sardi mengikuti Indonesia Journalists Visit Programme ke-20 yang diselenggarakan Pemerintah Singapura. Berikut catatan perjalannya:

Layar jam tangan menunjukkan pukul 10 pagi waktu Singapura, hari Selasa (4/7). Di Jakarta masih pukul 9 pagi. Hari itu, kami dijadwalkan berkunjung ke Pixel. Dari hotel, dengan lalu lintas Singapura yang ramai lancar, jarak hampir 7 kilometer, ditempuh kurang lebih 15 menit. Kunjungan kami adalah melihat upaya Pemerintah Singapura mengembangkan startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Pelatihan Bagi Karyawan Muda Di Indramayu 

Pemerintah Singapura menyebut, negaranya berada di peringkat ke-6 dunia ekosistem bisnis startup dan menempati posisi nomor 1 di Asia Tenggara. Singapura memiliki The Infocomm Media Development Authority (IMDA), badan otonom di bawah Kementerian Komunikasi Singapura. IMDA digadang sebagai arsitek dari masa depan digital Singapura.

IMDA inilah yang membangun Pixel. Ruang inovasi di lahan seluas 2,8 hektar yang menjadi 'surga' bagi startup untuk belajar teknologi terbaru dan membuat ide, bereksperimen, dan membangun produk digital yang berpusat pada pengguna.

Baca juga : Airlangga: Bea Masuk Tinggi Harus Dikurangi

"Kami berfokus pada bidang Augmented Reality (AR)/Virtual Reality (VR), Artifical Intellegence (AI)/Data, Internet of Things, dan 5G," kata Asisten Direktur IMDA Joanne Teh, Selasa (4/7).

Pixel memiliki fasilitas lengkap nan menyenangkan. Ada ruang untuk meeting, presentasi dengan calon klien dan ruang uji coba yang dilengkapi dengan perangkat keras berteknologi canggih. Tidak lupa, karena startup merupakan industri kreatif, maka disediakan juga ruang untuk menonton dan bermain video games.

Baca juga : Ikatan Pustakawan Indonesia Peringati Hari Jadi Ke-50


Joanne mengungkapkan, IMDA sudah menerbitkan lebih dari 180 akreditasi kepada perusahaan startup Singapura, dan lebih dari 2.800 proyek yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah dan Perusahaan Besar. Total investasi yang digelontorkan untuk bisnis ini sudah lebih dari 1,1 miliar dolar Singapura.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.