Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Latihan Perang, Sinyal Kekuatan Geopolitik Indonesia Di ASEAN Dan Dunia

Senin, 7 Agustus 2023 06:31 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Sering tak bisa diprediksi: perang bisa datang dadak sontak pada sebuah bangsa. Pada awalnya bisa saja damai dan per­damaian semacam kemurnian yang tidak menghendaki kekerasan, tapi perang bisa datang begitu saja dan langsung merubahnya.

Dengan demikian, sebuah bangsa yang cinta damai dan dalam keadaan damai seperti halnya Indonesia –bagaimanapun, harus siap perang. Kesiapan ini terlebih dahulu harus diuji, dan tes ini bernama: Latihan Gabungan TNI 2023 dengan tajuk Dharma Yudha.

Baca juga : Geopolitik Indonesia Menjaga Kawasan Indo-Pasifik

Latihan ini memiliki dimensi taktis, strategis, dan politis. Dalam dimensi taktis dan strate­gis, bertujuan untuk mening­katkan kemampuan individu dan satuan jajaran TNI, serta menguji kesiapsiagaan alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI. Sedangkan dalam di­mensi politis, adalah bentuk kesinambungan efek gentar ­untuk menjaga keamanan negara pada masa damai.

Latihan Gabungan TNI 2023 ini mulai 30 Juli hingga 1 Agustus 2023, melibatkan 7.165 prajurit, 35 kapal perang Republik Indonesia (KRI), 20 pesawat tempur, 15 helikopter, 15 tank darat, dan 43 tank amfibi. Selain itu, beberapa unit meriam digunakan dalam operasi darat gabungan dan untuk pertahanan pantai.

Baca juga : Dinamika Geopolitik, Geostrategi Ekonomi Dan Pertahanan Indonesia-China

Dengan menghadapi simulasi situasi perang, latihan ini meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan pasukan militer dalam menghadapi potensi ancaman keamanan. Selain itu, latihan ini juga menyempurnakan keterampilan, meningkatkan sinergi antar matra, dan menguji kualitas alutsista serta peralatan militer lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.