Dark/Light Mode

Apakah ASEAN Akan Terpecah Dan Tidak Bisa Bersatu? Ini Jawaban Jokowi

Selasa, 5 September 2023 12:26 WIB
Apakah ASEAN Akan Terpecah Dan Tidak Bisa Bersatu? Ini Jawaban Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Belakangan ini, Presiden Jokowi mengaku kerap mendengar pertanyaan tentang ASEAN.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Jokowi saat membuka KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (5/8/2023).

"Apakah ASEAN akan terpecah, dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju? Sebagai anggota keluarga dan sebagai Ketua ASEAN, saya menegaskan sampai saat ini, kesatuan ASEAN tetap terjaga dengan baik," kata Jokowi, Selasa (5/8/2023).

Baca juga : Apakah Imin Diperiksa Hari Ini? KPK Masih Main Rahasia

Kesatuan, kata Jokowi, jangan diartikan tak ada perbedaan. Sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa, dan agama, Indonesia memandang kesatuan sebagai sebuah harmoni dalam perbedaan. Termasuk, perbedaan pendapat.

"Perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi. Menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga, memiliki kedudukan yang setara," tutur Presiden ke-7 RI ini.

Jokowi melihat, kesetaraan sudah menjadi barang langka di dunia. Banyak ketidakadilan dan konflik terjadi, akibat tidak adanya kesetaraan.

Baca juga : KPK Tidak Jerat Wajib Pajak Yang Setor Duit

"Tapi, di ASEAN berbeda, kesetaraan justru menjadi value yang kita hormati dan junjung bersama, dalam bingkai persatuan dan kebersamaan. Sehingga, kapal besar ASEAN dapat terus melaju," papar Jokowi. 

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.