Dark/Light Mode

Dubes RI Di Brunei Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Pekerja Migran

Rabu, 6 September 2023 07:21 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah kelima kanan bersama para WNI/ PMI yang ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan gratis, Minggu 3/9. (Dok KBRI Bandar Seri Begawan)
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah kelima kanan bersama para WNI/ PMI yang ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan gratis, Minggu 3/9. (Dok KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brunei Darussalam bersama Rumah Sakit Raja Isteri Pengiran Anak Saleha (RIPAS) menggelar acara donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi Warga Negara dan Pekerja Migran Indonesia (WNI/ PMI), Minggu (3/9).

Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah menyapa langsung para WNI dan PMI yang ikut kegiatan pemeriksaan kesehatan ini. Dia menyebut, acara tersebut merupakan bentuk kepedulian KBRI Bandar Seri Begawan kepada para WNI.

Baca juga : Crivisaya Ganjar Buka Layanan Konsultasi Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Di Lampung Tengah

“Saya harap dapat terus menjaga kesehatannya dan cek apakah memiliki asuransi pekerja yang masih berlaku,” ujar Achmad Ubaedillah, dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/9).

Lebih dari 200 WNI/PMI mendatangi Aula dan Konsuler KBRI Bandar Seri Begawan untuk diperiksa secara gratis dan menjalani donor darah. Jenis-jenis pemeriksaan kesehatan yang ditawarkan adalah pengecekan kadar kolesterol, asam urat, hingga gula darah.

Baca juga : Malam Ini, Persis Tantang Barito Putera

Sebelum menjalani pemeriksaan, tiap peserta dicek suhu, tensi darah dan tinggi serta berat badan. Peserta lebih lanjut berkonsultasi dengan dokter berdasar hasil cek kesehatan serta keluhan yang dialami dan memperoleh obat gratis bagi yang dianggap perlu.

Untuk donor darah, dari 98 peserta yang mendaftar, hanya 78 yang dinyatakan lolos dan dapat mendonorkan darahnya. Dari hasil cek kesehatan, diketahui banyak WNI/PMI yang mengidap hipertensi, kolesterol tinggi, dan asam urat.

Baca juga : Tinjau Rumah Dinas Brimob Kalbar, Kapolri: Tingkatkan Semangat Kerja

Pemeriksaan kesehatan dan donor darah berlangsung pukul 08.30 hingga 16.00 waktu setempat. Kegiatan sosial itu dilayani dua dokter dan dua perawat.

Dubes Achmad Ubaedillah pun berpesan agar para WNI dan PMI menjaga kesehatan dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna dan tidak lupa berolah raga. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.