Dark/Light Mode

IPO, HUMI Siap Jadi Pemain Utama Di Industri Maritim

Rabu, 19 Juli 2023 22:16 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) mengumumkan rencana melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi serta ekosistem kepelabuhan dan kemaritiman ini rencana melantai di bursa sebelum akhir tahun.

Direktur Utama HUMI, Tirta Hidayat, mengatakan bahwa lPO merupakan langkah strategis bagi perusahaan selain untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan kinerja keuangan.

Masuknya Humpuss Maritim ke pasar modal menunjukkan komitmen kuat perusahaan dalam menjalankan operasional perusahaan secara transparan, terbuka untuk seluruh pemangku kepentingan.

"Kami optimis bahwa IPO akan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan, baik pemegang saham, karyawan, pelanggan, mitra bisnis, maupun masyarakat," ujar Tirta di Jakarta, dikutip Rabu (19/7).

Tirta menambahkan bahwa HUMI memiliki target pertumbuhan pendapatan sebesar 20 persen setiap tahun.

Strateginya, dengan peningkatan aset, pendapatan, dan profitabilitas, serta komitmen terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

"HUMI siap menjadi salah satu pemain utama di industri maritim Indonesia yang memiliki potensi besar sejalan dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan sektor energi ke depan," tuturnya.

HUMI berencana melepas sebanyak-banyaknya 15 persen saham dari modal ditempatkan dan disetorkan kepada publik melalui IPO.

Baca juga : OJK Dan KLHK Sepakati Kerja Sama Nilai Ekonomi Karbon

HUMI menawarkan sebanyak-banyaknya 2,7 miliar lembar saham kepada masyarakat dengan harga Rp 100 per lembar saham.

Dari nilai tersebut, Perseroan memprediksi akan mendapat dana segar sekitar Rp 270 miliar.

Humpuss Maritim juga bersiap menerbitkan Waran Seri I sebanyak 1,3 miliar lembar.

Atau, sebesar 7,5 persen dari total jumlah saham yang disetor penuh pada saat pendaftaran penawaran umum saham perdana.

Tirta Hidayat menjelaskan, Waran Seri I diberikan sebagai insentif kepada para pemegang saham yang ditawarkan.

Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waran Seri I.

Setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perseroan yang dikeluarkan oleh portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 200 setiap Waran Seri I.

Perusahaan juga menyiapkan rencana pemanfaatan dana hasil IPO. Antara lain, sebesar 10 persen akan dipergunakan oleh Perseroan untuk kebutuhan modal kerja Perseroan dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional rutin.

Sisanya, sebesar 90 persen akan digunakan untuk memperkuat equity dalam rangka pengembangan usaha entitas anak perseroan.

Baca juga : Waspada! Kerusakan Mata Bisa Dipicu Kondisi Mata Kering

Rinciannya, sekitar 36 persen dialokasikan kepada PT PCS Internasional dalam bentuk penyertaan moda.

Kemudian akan digunakan oleh PT PCS Internasional untuk tambahan modal dalam membeli unit kapal (belanja modal).

Lalu sebagai modal kerja dalam kegiatan usaha PT PCS Internasional. Sekitar 14 persen dialokasikan kepada PT OTS Internasional dalam bentuk penyertaan modal.

Kemudian akan digunakan oleh PT OTS Internasional untuk modal kerja dalam Kegiatan Usaha PT OTS Internasional.

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasian, HUMI mencatatkan pendapatan bersih sebesar 91.532.123 dolar AS pada tahun 2022.

Jumlah itu meningkat 37,45 persen dari tahun 202 sebesar 66.593.098 dolar AS, yang disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari sewa kapal sebesar 89.848.674 dolar AS.

Tercatat, pertumbuhan 38,71 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 64.773.467 dolar AS.

Kenaikan pendapatan juga disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari sewa kapal LNG dengan time charter, pengangkutan minyak sehubungan dengan peningkatan charter hire.

Peningkatan juga disebabkan oleh kenaikan atas pendapatan dari sewa kapal atas pengangkutan bahan kimia ke pelanggan.

Baca juga : Kemenperin Genjot Digitalisasi Industri Mamin

Sedangkan Laba Bruto HUMI pada tahun 2022 juga meningkat 245,82 persen menjadi 26.610.814 dolar AS dari tahun 2021 yang sebesar 7.695.437 dolar AS.

"Peningkatan tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan yang terjadi atas perubahan kontrak spot charter menjadi time charter dari salah satu entitas anak dan kenaikan atas pendapatan dari pengangkutan bahan kimia ke pelanggan," terangnya. 

HUMI merupakan perusahaan yang fokus pada empat lini bisnis utama, yaitu jasa sewa kapal untuk pengangkutan LNG.

Lalu  pengangkutan minyak dan petrokimia, offshore support, marine support.

Pengelolaan kapal dan pengembangan sumber daya manusia khususnya awak kapal, serta pusat pelatihan awak kapal.

HUMI memiliki armada kapal yang beragam, memiliki lini prospek cerah dalam distribusi dan ketahanan energi nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.