Dark/Light Mode

Dirangkul Macron, Ditunggu Biden

Jokowi Bintang Di KTT G20 India

Senin, 11 September 2023 08:00 WIB
(dari kiri) Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden AS Joe Biden, beserta kepala negara G20 lainnya, mengunjungi Tugu Mahatma Gandhi, Raj Ghat, di New Delhi, India, Minggu (10/9). (Foto: Setpres)
(dari kiri) Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden AS Joe Biden, beserta kepala negara G20 lainnya, mengunjungi Tugu Mahatma Gandhi, Raj Ghat, di New Delhi, India, Minggu (10/9). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo masih menjadi daya tarik bagi pemimpin negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di India. Contohnya, Jokowi sampai dirangkul-rangkul oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, Jokowi juga sampai ditunggu-tunggu kedatangannya oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih. Di KTT G20, Jokowi kembali jadi bintangnya.

Daya tarik Jokowi sudah terlihat sejak tiba di KTT G20 India, Sabtu (9/9) di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India. Kedatangannya bersama Ibu Iriana, disambut langsung Perdana Menteri (PM) Narendra Modi, dengan latar belakang roda yang menjadi ikon dari Kornark Sun Temple.

Baca juga : Tiba Di India, Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT G20 New Delhi

Jokowi kemudian menuju Leaders Lounge. Para pemimpin negara G20 dan ketua organisasi internasional lainnya telah datang lebih dulu. Pertemuan sesi pertama mengangkat topik dengan tema “One Earth”.

Di hari pertama itu, Jokowi juga memimpin pertemuan MIKTA Leaders Gathering ke-1, bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Anthony Albanese, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Baca juga : Terbang Ke New Delhi, Presiden Akan Hadiri KTT G20 India

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyebut, saat ini tantangan global sangat rumit dan perlu kolaborasi untuk menghadapinya. Karena itu, seluruh negara harus ambil bagian, khususnya anggota MIKTA untuk memperkuat kerja sama dan sinergi guna mewujudkan dunia yang lebih baik lagi.

Di sesi kedua KTT G20 India yang mengangkat tema “One Family”, sikap Jokowi lebih tegas lagi. Ia berharap agar dunia menjadi satu keluarga besar yang saling membangun dan memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kehidupan yang damai.

Baca juga : Tarian Betawi Dan Banten Sambut Pimpinan Negara ASEAN Di KTT Ke 43

“Saya setuju, jika dunia ini layaknya satu keluarga besar. Namun, keluarga yang Indonesia harapkan adalah keluarga yang saling membangun, saling peduli, dan memiliki satu tujuan bersama. Yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan makmur,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.