Dark/Light Mode

Dirangkul Macron, Ditunggu Biden

Jokowi Bintang Di KTT G20 India

Senin, 11 September 2023 08:00 WIB
(dari kiri) Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden AS Joe Biden, beserta kepala negara G20 lainnya, mengunjungi Tugu Mahatma Gandhi, Raj Ghat, di New Delhi, India, Minggu (10/9). (Foto: Setpres)
(dari kiri) Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, dan Presiden AS Joe Biden, beserta kepala negara G20 lainnya, mengunjungi Tugu Mahatma Gandhi, Raj Ghat, di New Delhi, India, Minggu (10/9). (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Di sela-sela KTT G20 India, Jokowi menyempatkan berbincang dengan Biden. Dalam perbincangan itu, Biden mengundang dan menunggu Jokowi untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat.

“Presiden Biden menantikan kedatangan Presiden Widodo di Washington untuk pertemuan bilateral di Gedung Putih pada bulan November ini,” demikian keterangan dari Gedung Putih dikutip dari situsnya, Minggu (10/9). “Dan juga menantikan kedatangan Presiden Widodo ke San Francisco untuk menghadiri Pekan Pemimpin Ekonomi APEC,” lanjutnya.

Baca juga : Tiba Di India, Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT G20 New Delhi

Biden juga mengucapkan selamat kepada Jokowi. Hal itu terkait kesuksesan terselenggaranya KTT ke-43 ASEAN 2023 dan KTT G20 2022. “Presiden Biden mengucapkan selamat kepada Presiden Widodo atas kepemimpinannya yang luar biasa di ASEAN sebagai ketua tahun 2023, dan atas G20 selama masa kepresidenan Indonesia pada tahun 2022,” lanjut keterangan Gedung Putih.

Selain dengan Biden, Jokowi juga menggelar pertemuan dengan sejumlah pimpinan negara. Mulai dari Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Keduanya membahas sejumlah kerja sama antarkedua negara dalam bidang pembangunan dan ekonomi.

Baca juga : Terbang Ke New Delhi, Presiden Akan Hadiri KTT G20 India

Jokowi juga meminta dukungan PM Rutte terhadap proses pendaftaran Indonesia sebagai anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Saat ini Indonesia telah melakukan sejumlah reformasi ekonomi yang sejalan dengan persyaratan OECD.

Kelar dengan PM Rutte, Jokowi melanjutkan pertemuan bilateralnya dengan Macron. Keduanya terlihat akrab, bagai teman yang lama tak jumpa. Jokowi menyapa Macron, keduanya pun menuju ruangan pertemuan, dan duduk di kursi yang telah disediakan.

Baca juga : Tarian Betawi Dan Banten Sambut Pimpinan Negara ASEAN Di KTT Ke 43

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi Prancis yang membawa calon investor IKN ke Indonesia dan berharap kesepakatan segera terwujud dalam waktu dekat. “Investasi di sektor strategis, saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan 4 LoI (letter of intent) untuk dukung pembangunan IKN,” ujar Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.