Dark/Light Mode

Ratusan Mahasiswa Thailand Antusias Belajar Tari Indonesia Di KBRI Bangkok 

Sabtu, 16 September 2023 12:53 WIB
Mahasiswa Thailand belajar tari Indonesia di KBRI Bangkok. (Foto: KBRI Bangkok)
Mahasiswa Thailand belajar tari Indonesia di KBRI Bangkok. (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 166 orang mahasiswa dari 12 perguruan tinggi di Thailand dengan antusias mempelajari empat tari Indonesia.

Mereka belajar tari pada workshop tari yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia-Thailand Cultural Exchange Program di KBRI Bangkok, Jumat (15/9). 

Tidak hanya berasal dari Bangkok, mahasiswa juga berasal dari beberapa perguruan tinggi di luar Bangkok. Mereka bahkan rela menempuh perjalanan 3-7 jam ke KBRI Bangkok untuk mendapatkan kesempatan belajar tari dari para intsruktur Indonesia.

Baca juga : Santri Ganjar Gotong Royong Bangun Ruang Belajar Pada Ponpes Di Deli Serdang


Peserta workshop yang berasal dari perguruan tinggi di Bangkok, yaitu mahasiswa dari Phranakhon Rajabhat University, Chandrakasem Rajabat University, Rajamangala University of Technology Krung Thep, Rajamangala University of Technology Phra Nakhon, Ramkhamhaeng University, serta Suan Sunandha Rajabhat University. 

Sedangkan sisanya berasal dari enam perguruan tinggi di luar Bangkok, yaitu Bunditpatanasilpa Institute, Nakhon Sawan Rajabhat University, Kamphaeng Phet Rajabhat University, Suphanburi College of Dramatic Arts, Angthong College of Dramatic Arts, dan yang terjauh adalah dari Sukhothai College Dramatic Arts (464 km dari Bangkok).

Sebelum mulai belajar, mereka mendapatkan penjelasan singkat mengenai Indonesia secara umum. Selanjutnya, selama 4 jam berturut-turut, mereka diajarkan menari oleh para instruktur tari dari perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga : Bank Hana Kirim 10 Mahasiswa Indonesia Magang Di Korea Selatan


Tari yang diajarkan yaitu Tari Suramadu oleh Universitas Negeri Surabaya, Tari Kuda-Kuda oleh Universitas Negeri Yogyakarta, Tari Jathil oleh Universitas Brawijaya, dan Tari Wonderland oleh Universitas Islam Indonesia.

Meskipun belajar dalam waktu relatif singkat, namun para mahasiswa Thailand tersebut belajar dengan serius, sehingga dapat menguasai gerakan dengan cepat dan baik. Antusiasme mahasiswa Thailand untuk belajar tari Indonesia inipun diapresiasi oleh para instruktur pengajar.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang menjalin persahabatan antara mahasiswa kedua negara serta ajang menjalin kerja sama antar perguruan tinggi kedua negara. Mereka menikmati waktu bersama dengan saling bertegur sapa untuk berkenalan satu sama lain.

Baca juga : Tuan Rumah Boyong 3 Gelar Di Indonesia Masters


Dalam sambutannya, Duta Besar Rachmat Budiman mengatakan, kegiatan ini merupakan penegasan komitmen kuat Indonesia untuk memperkuat people-to-people contact antara Indonesia dengan Thailand. “Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiwa kedua negara memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai kebudayaan masing-masing”, pungkasnya.

Kegiatan Indonesia-Thailand Cultural Exchange Program, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum 2023 yang diadakan oleh KBRI Bangkok dalam rangka mempromosikan perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan Indonesia di Thailand secara berkelanjutan. 

Sehari sebelumnya, secara bergantian, para mahasiswa Indonesia juga telah berkesempatan untuk mempelajari empat tari tradisional Thailand dari para instruktur tari di Bunditpatanasilpa Institute.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.