Dark/Light Mode

Korsel Komit Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Selasa, 19 September 2023 19:16 WIB
Peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Korea yang ke 50 tahun, di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Senin (19/9). (Foto: Larasati Dyah Utami/RM)
Peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Korea yang ke 50 tahun, di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Senin (19/9). (Foto: Larasati Dyah Utami/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Selatan berkomitmen untuk mendukung pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini disampaikan Duta Besar Korea untuk Indonesia, Lee Sang-deok pada acara Peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Korea yang ke 50 tahun di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Senin (19/9).

Lee mengatakan, perusahaan pengelolaan air minum dari Korea, bernama K-Water, sudah masuk ke IKN untuk membentuk sistem yang memenuhi supply air ke sana.

Baca juga : Soal Pernyataan Memiting Pendemo Rempang, Panglima TNI Minta Maaf

Selain itu saat ini sudah dijalankan visible survey untuk membangun tunnel di bawah tanah atau di bawah laut dari Balikpapan sampai ke IKN.

"Untuk proyek-proyek yang terkait proyek IKN sebenarnya sudah masuk ke lapangan dan sudah melakukan operasi proyek itu baru Korsel aja, tidak ada lain-lain terkait pembangunan IKN sampai saat ini," kata Lee, saat ditemui usai acara.

Lee mengatakan pada tanggal 8 September lalu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol telah melakukan bilateral meeting di KTT ASEAN.

Baca juga : Kader Banteng Tak Gentar

Presiden Yoon juga sudah berkomitmen menjalankan kerja sama yang berkelanjutan dengan Indonesia.

Sementara itu, untuk mendukung proyek-proyek kerja sama kedua negara Presiden Jokowi juga sudah mengunjungi pabrik terkait biochemical yang terletak di Cilegon pada minggu lalu.

Proyek tersebut bernilai 4 miliar dolar AS. Presiden Jokowi juga telah berkunjung ke Bekasi, ke PT HLI Green Power yang merupakan joint venture perusahaan Hyundai dan LG untuk pabrik baterai electric vehicle (EV).

Baca juga : BUMN Setrum Dukung Perdagangan Karbon

"Presiden Jokowi juga telah memberikan banyak perhatian dan dukungan kepada dua proyek ini, karena dua proyek ini merupakan proyek yang signifikan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkap Lee.

"Pemerintah Korea dan banyak perusahaan Korea yang akan terus mendampingi pemerintah Indonesia demi pertumbuhan Indonesia ke depan," lanjutnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.