Dark/Light Mode

50 Tahun Persahabatan

Dubes Gandi Ajak Masyarakat Indonesia Pererat Hubungan dengan Warga Korea

Jumat, 29 September 2023 13:40 WIB
Duta Besar RI untuk Seoul, Gandi Sulistiyanto (kedua kanan) pada pembukaan Festival Indonesia 2023 di Gwanghamun Plaza, Seoul, Kamis (28/9). (Foto: Dok. KBRI Seoul)
Duta Besar RI untuk Seoul, Gandi Sulistiyanto (kedua kanan) pada pembukaan Festival Indonesia 2023 di Gwanghamun Plaza, Seoul, Kamis (28/9). (Foto: Dok. KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea, KBRI Seoul menggelar Festival Indonesia 2023.

Duta Besar RI untuk Seoul, Gandi Sulistiyanto meresmikan langsung pembukaan Festival Indonesia 2023 di Gwanghamun Plaza, Seoul, Kamis (28/9).

“Saya mengajak seluruh warga Indonesia yang berada di Korsel, untuk terus mempererat hubungan dengan warga Korea, serta menjadi duta bangsa yang baik dengan menampilkan karakter bangsa Indonesia berlandaskan Pancasila yaitu ramah, rajin, giat bekerja, cinta damai dan toleran," ujar Dubes Gandi dalam keterangan yang diterima, Jumat (29/9).

Dubes Gandi menambahkan, penyelenggaraan Festival Indonesia di Seoul adalah bagian dari rangkaian dari Festival Indonesia 2023 yang telah diselenggarakan di Ansan dan Busan beberapa bulan lalu.

"Festival ini merupakan wujud komitmen KBRI dalam mengedepankan diplomasi budaya, seni dan ekonomi kreatif Indonesia di Korea," ujar Dubes Gandi.

 

Dubes RI untuk Seoul Gandi Sulistiyanto (kemeja merah)  saat meresmikan Festival Indonesia 2023 di Gwanghamun Plaza Seoul, Kamis (28/9). (Foto: Dok. KBRI Seoul)

Baca juga : Relawan Ustaz Sahabat Ganjar Ajak Masyarakat Kabupaten Asahan Puasa Senin-KamisĀ 

 

Festival yang diselenggarakan bertepatan dengan liburan Chuseok (Thanksgiving) di Korea, dikunjungi ribuan orang terdiri dari warga Indonesia yang berdomisili di Korea, masyarakat setempat dan asing.

Sesi pembukaan dihadiri Duta Besar Singapura untuk Korea Selatan H.E Eric Teo, Duta Besar Italia H.E. Emilia Gatto, Duta Besar Republik Dominika H.E. Federico A. Cuello Camilo, mantan Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Mr. Kim Young Sun, serta Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur.

Acara Festival Indonesia  2023 ini dipandu pembawa acara Dedi Gumelar yang akrab disapa “Miing Bagito” dan Kim Yeon Jin.

Panggung utama pada Festival hari pertama menampilkan Nathasia Djong anak berbakat Indonesia dengan permainan drum dan ballet; kelompok tari Ayodya Pala dengan sejumlah tarian tradisional Indonesia yaitu Tari Enggang, Sape Kerab dan Seudati – Ratoh Jaroe; Hadir juga penampilan “Starbe” girl group asal Indonesia dan “Craxy” girl group asal Korea dengan lagu masing-masing; serta pertunjukan taekwondo dan pencak silat SH Teratai Indonesia.

Sementara di Panggung Kedua, yang berhadapan dengan Sejong Art Center, dilaksanakan aktivitas untuk anak-anak pada pagi hari seperti lomba pidato dalam bahasa Korea, lomba mewarnai, serta lomba permainan bola bekel dan congklak.

Baca juga : Asian Games 2022, Tim Basket Indonesia Takluk Atas Korsel

Siang harinya ada pertunjukan gamelan dipandu Sugiarto, pegawai setempat KBRI Seoul, yang beranggotakan masyarakat Korea dan Indonesia serta menampilkan lagu Indonesia dan lagu tradisional Korea yaitu Arirang.

 

 

Di bawah pimpinan Susi Sulistiyanto, Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul bekerjasama dengan desainer Dian Oerip ikut memeriahkan Festival melalui pagelaran busana Wastra Nusantara.

Pagelaran busana juga ditampilkan oleh Exotic Art Spices dengan bahan busana dari tanaman spices khas Indonesia. Festival dimeriahkan pula dengan sejumlah doorprize dengan Grand Prize berupa tiket pesawat Incheon-Jakarta pp dari Garuda Indonesia.

Pada puncak acara ini menampilkan Deddy Lisan, vokalis grup Andra and The Backbone, dengan membawakan sejumlah lagu populer Indonesia yang disambut hangat oleh seluruh penonton Festival Indonesia.

Baca juga : Ulama-Kiai Kabupaten Cirebon Optimis Ganjar Mampu Rawat Kebhinekaan Dengan Moderasi Beragama

Berlokasi di tengah Plaza Gwanghamun, panggung utama Festival Indonesia dimeriahkan sejumlah anjungan yang menampilkan aneka ragam produk ekonomi kreatif UMKM dan kuliner khas Indonesia.

Anjungan diisi Dian Oerip dan Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Lampung, Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, Jamu Jago, Jakarta Modest Fashion Week, Apik Men, Batik Bali, Foreign Market Indonesia.

Ikut meramaikan pula, Long Story Short, Komodo Gift Shop, KINO/Manohara, Global Asosiasi Indonesia, Cak Gundul, Indomie, BNI Seoul, BRI Seoul, Garuda Indonesia Seoul Office, PPLN Korea, Bakso Rindu Kampung, Bakso Bejo, Seleraku dan Catering Seoul, serta Ulubellu Coffee.

Sementara pada hari Kedua Festival Indonesia, Jumat (29/9) akan menampilkan antara lain artis dangdut Ghea Youbi, budayawan Jaya Suprana dan tim Laskar Indonesia Pusaka, Armonia Choir, kelompok tari Ayodya Pala, Michael Anthony, Natashia Djong, dan Kelompok Tari Bedhayan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.