Dark/Light Mode

Songsong Indonesia Emas 2045, Pembangunan IKN Untuk Generasi Muda

Sabtu, 23 September 2023 08:56 WIB
Malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN Kawasan Titik Nol Nusantara, Jumat (22/09/2023)
Malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN Kawasan Titik Nol Nusantara, Jumat (22/09/2023)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa pembangunan IKN Nusantara ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. 

“Tugas Kementerian PUPR membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor Pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain. Ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia,” jelas Basuki saat menghadiri malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN (Kawasan Titik Nol Nusantara), Jumat (22/9).

Baca juga : KADIN Beri Kado Buku Peta Jalan Indonesia Emas 2045 Untuk Jokowi

Saat ini, Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2  jam. Dan setelah nanti jalan tol tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

“Progres pembangunan IKN Nusantara sekitar 40%. Dan pada tahun 2024 nanti, saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal disini. Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar,  tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni,” ujar Basuki.

Baca juga : Bamsoet Dorong RI-Korsel Jajaki Kerja Sama Pengembangan Energi Nuklir dan Energi Air

Kegiatan apresiasi nusantara ini sebagai salah satu upaya memperkenalkan IKN Nusantara dan progresnya kepada masyarakat, khususnya sekitar IKN Nusantara. Apresiasi Nusantara juga dimeriahkan oleh sejumlah bintang tamu, seperti Gigi dan Wika Salim.

Acara Nusantara ini dihadiri oleh  Menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, serta sejumlah publik figur lainnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.