Dark/Light Mode

Qatar Bidik Pekerja Migran Indonesia Di Tiga Sektor Ini 

Kamis, 5 Oktober 2023 16:04 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan Kemnaker menggelar Indonesia Business Matching 2023, Rabu (4/10), agar Pekerja Migran Indonesia PMI mengisi peluang kerja di Qatar. (Foto: Ist)
Kementerian Ketenagakerjaan Kemnaker menggelar Indonesia Business Matching 2023, Rabu (4/10), agar Pekerja Migran Indonesia PMI mengisi peluang kerja di Qatar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Indonesia Business Matching 2023 pada Rabu (4/10), agar Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengisi peluang kerja di Qatar

Qatar merupakan salah satu negara yang memiliki potensi pasar kerja luar negeri yang cukup menjanjikan, sehingga memberikan peluang untuk dapat diisi oleh tenaga kerja Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, terdapat tiga besar permintaan Pekerja Migran Indonesia berdasarkan sektornya, yaitu hospitality, kesehatan, dan migas. 

Baca juga : Terus Berbenah, Indonesia Siapkan Diri Jadi Anggota OECD

Namun sayangnya, jumlah tenaga kerja Indonesia yang dapat mengisi peluang kerja di Qatar relatif masih sangat sedikit, yaitu hanya sekitar 21.000 orang dari total 2.3 juta tenaga kerja asing (ekspatriat) di Qatar.

"Kegiatan Business Matching ini merupakan langkah strategis untuk dapat mendorong Pekerja Migran Indonesia masuk dan bekerja di Qatar sesuai dengan prosedur pemberangkatan dan penempatan yang benar, bekerja dengan penuh semangat, dan memiliki loyalitas terhadap tempat mereka bekerja," ucap Menaker dalam keterangannya. 

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penempatan antara Perusahaan Mitra Usaha dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Baca juga : Gaet Lion Group, Gojek Perkuat Layanan GoCar Di Bandara Soetta

Menaker mengatakan, kegiatan Business Matching merupakan bagian dari event tahunan Indonesian Labor Market (ILM) untuk mempertemukan antara perusahaan atau End User (Employers) di Doha dengan beberapa P3MI dari Indonesia.

Indonesia Business Matching 2023 ini dihadiri sekitar 96 perusahaan Qatar, khusus yang bergerak di bidang perhotelan, retail, manufaktur, oil and gas, transportasi serta kesehatan, seperti Rumah Sakit dan Klinik, dan dihadiri sekitar 20 P3MI.

Menaker berharap kepada pihak pengusaha yang hadir dalam forum ini agar dapat sebanyak-banyaknya merekrut pekerja migran dari Indonesia. 

Baca juga : Persib Bantai Persita, Bojan: Ini Laga Sempurna

Ia juga berharap, forum ini dapat menjadi media komunikasi yang baik bagi pihak pengusaha maupun perusahaan di Qatar dengan perusahaan pelaksana penempatan Pekerja Migran Indonesia yang hadir secara langsung di Qatar ini.

"Saya yakin kehadiran Pekerja Migran Indonesia akan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan di Qatar," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.