Dark/Light Mode

Dubes Gandi Diskusi Bareng 2 Musisi Terkemuka, Kolaborasi Musik, Film Dan Wisata

Minggu, 24 September 2023 22:23 WIB
Duta Besar Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto diskusi bareng dua musisi yakni Anggota K-Pop Band Secret Number Dita Karang dan aktris ternama India Anushka Sen. (Foto: KBRI Seoul)
Duta Besar Dubes RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto diskusi bareng dua musisi yakni Anggota K-Pop Band Secret Number Dita Karang dan aktris ternama India Anushka Sen. (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Duta Besar (Dubes) RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto, mengadakan diskusi menarik bersama 2 musisi terkenal, satu diantaranya berdarah Indonesia.

Musisi berdarah Indonesia itu adalah Dita Karang. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 26 tahun lalu itu adalah anggota K-Pop Band Secret Number.

Musisi selanjutnya adalah aktris terkemuka India, Anushka Sen. Kedua talenta ini dikelola oleh lembaga manajemen artis ternama Korea Selatan, yaitu Vine Entertainment dan Asia Lab Management.

Dalam pembukaan diskusi, Dubes Gandi menekankan bahwa sektor film dan musik memiliki potensi besar dalam ekonomi kreatif Indonesia. 

Baca juga : Jalan Gembira Amin Diikuti Sejuta Orang, Muhaimin Ucapkan Terima Kasih Ke Tamsil

Kolaborasi di bidang perfilman dan musik menjadi salah satu fokus utama kerjasama dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea pada tahun 2023. 

"Untuk itu, salah satu tugas fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul adalah menghubungkan maupun mencari peluang kerjasama antara para pelaku kreatif serta dengan media sebagai jendela masyarakat," kata Gandi dilansir siaran pers KBRI, Seoul, Minggu (24/9).

Wakil CEO Vine Entertainment Mr. Bong Shibong, yang menangani manajemen Secret Number, mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak talenta di industri musik. Oleh karena itu pihaknya telah menyiapkan kerjasama intensif dengan pelaku industri musik dan hiburan di Indonesia.

"Salah satu yang sedang ditengarai adalah duet lagu antara Secret Number dengan penyanyi Indonesia," kata Mr. Bong Shibong

Baca juga : Audiensi Dan Baznas, HIPMI Siap Kolaborasi Naikkan Kelas Pengusaha Ultra Mikro

Sementara itu, CEO Asia Lab Management, Mr. Lee Jungsub, yang mengelola manajemen Anushka Sen, melaporkan bahwa pihaknya juga tengah membangun kolaborasi dengan pelaku industri film Indonesia.

Mereka merencanakan peluncuran film yang akan melibatkan dua aktris ternama di Indonesia, yaitu Luna Maya dan Mika Tambayong, bersama dengan Anushka Sen dari India, serta beberapa artis terkenal Korea.

Sebelum berakhirnya acara, Dita Karang dan Anushka Sen mengajak Dubes Sulis untuk membuat vlog bersama dalam rangka mempromosikan penguatan kerjasama dalam pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Korea Selatan, dengan tema "Wonderful Indonesia ke Korea Selatan bertema Ride The Korean Wave.

Sebelumnya, lada akhir tahun 2022, Dubes Gandi telah mengumumkan bahwa Dita Karang adalah Representative Icon KBRI Seoul dalam peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea pada tahun 2023. 

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Unggul Di Basis Pemilih Jokowi, Masih Minim Di PPP

Di acara Resepsi Diplomatik HUT RI ke-77 pada tahun 2022 dan HUT RI ke-78 pada tahun 2023, Dita Karang menyanyikan dengan gagah lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Sementara itu, Anushka Sen, yang tengah berkunjung ke Korea Selatan, telah diangkat sebagai Duta Korean Tourism Office di India dalam rangka Visit Korea Year 2023-2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.