Dark/Light Mode

Bocoran Dari Washington Post: Biden-Xi Jinping Mau Ketemuan Di San Francisco

Jumat, 6 Oktober 2023 12:18 WIB
Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Pemimpin China Xi Jinping di tengah acara KTT G20 di Bali, Indonesia, November 2022. (Foto: Reuters via Antara)
Presiden AS Joe Biden (kanan) dan Pemimpin China Xi Jinping di tengah acara KTT G20 di Bali, Indonesia, November 2022. (Foto: Reuters via Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung Putih dilaporkan siap menggelar pertemuan tatap muka antara Presiden AS Joe Biden dan Pemimpin China Xi Jinping di San Francisco, November mendatang.

Melansir Washington Post edisi Kamis (5/10/2023), pertemuan tersebut diagendakan di tengah upaya kedua negara menstabilkan hubungan yang bermasalah.

Ketegangan hubungan Amerika-China yang sama-sama tercatat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, antara lain dipicu sejumlah masalah. Termasuk, soal Taiwan, asal mula pandemi Covid-19, tuduhan mata-mata, masalah hak asasi manusia (HAM), tarif perdagangan, dan masih banyak lagi.

Mengutip info pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya, Washington Post menyebut, kemungkinan terjadinya pertemuan Biden-Xi Jinping cukup kuat.

Baca juga : Aliran Doa Untuk Kesembuhan Doni Monardo

"Kami sedang memulai prosesnya," kata pejabat tersebut.

Kedutaan Besar (Kedubes) China di Washington, berkomentar khusus terkait laporan ini.

Dalam pernyataan via email, seperti dikutip Reuters, Juru Bicara Kedubes China mengatakan, kedua negara tetap berkomunikasi serta perlu memperluas kerja sama dengan itikad baik.

Setali tiga uang, Gedung Putih juga belum memberikan pernyataan apa pun terkait hal ini.

Baca juga : Dicoret Dari Timnas, Bek Persija: Ini Bukan Akhir Segalanya

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah pejabat AS juga telah mengunjungi China. Seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Juni 2023, dilanjutkan Menteri Keuangan Janet Yellen satu bulan setelahnya, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo pada Agustus lalu.

Blinken juga bertemu dengan Wakil Presiden Tiongkok Han Zheng di New York. Sementara Penasihat Keamanan nasional AS Jake Sullivan, bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Malta.

Pertemuan terakhir Biden dan Xi Jinping terjadi saat keduanya menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia pada November 2022. Ini adalah pertemuan tatap muka pertama kedua pemimpin negara, sejak Biden jadi presiden.

Sebelumnya, Biden dan Xi Jinping telah melakukan lima kali pertemuan via telepon dan konferensi video.

Baca juga : Bank Mandiri Kantongi 5 Penghargaan Di Southeast Asia Awards 2023

San Francisco akan menjadi tuan rumah KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada November 2023, yang mungkin dihadiri Xi Jinping.

Belum lama ini, pemimpin China itu melewatkan KTT G20 di New Delhi, India yang antara lain dihadiri Biden.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.