Dark/Light Mode

Tulus-Lea Simanjuntak Goyang Panggung Indonesian Night Di London

Sabtu, 7 Oktober 2023 10:18 WIB
Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, menyelenggarakan pagelaran seni budaya Indonesian Night di gedung bersejarah di pusat Kota London, Westminster Central Hall, 5 Oktober 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI London)
Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, menyelenggarakan pagelaran seni budaya Indonesian Night di gedung bersejarah di pusat Kota London, Westminster Central Hall, 5 Oktober 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk kedua kalinya, pagelaran seni budaya tahunan, Indonesian Night, dipentaskan di gedung bersejarah di pusat kota London, Westminster Central Hall, 5 Oktober lalu. Pagelaran tersebut menjadi sangat istimewa dengan tampilan Tulus dan Lea Simanjuntak di hadapan lebih dari 1.300 hadirin.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menyebut kedua penyanyi kenamaan Indonesia itu sebagai “Harry Styles dan Adele-nya Indonesia”, yang langsung disambut tepuk tangan penonton.

Indonesian Night juga dihadirkan sebagai resepsi diplomatik di London bagi kalangan pemerintah dan diplomatik setempat. Hadir sebagai Guest of Honour, Utusan Perdagangan PM Inggris untuk Indonesia, Malaysia, Filipina dan ASEAN, Richard Graham. Ia menyampaikan apresiasi atas hubungan baik Indonesia-Inggris.

Baca juga : NasDem Sebut Mentan SYL Nggak Hilang, Tanggal 5 Kembali Ke Indonesia

“Indonesia dan Inggris adalah marriage of two countries, pernikahan yang paling cocok,” ucap politisi yang fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Indonesian Night menampilkan para penggiat seni budaya Indonesia profesional, baik dari Indonesia maupun yang berbasis di Inggris. Seluruh penampilan dibungkus dengan apik, dalam semangat mempromosikan kemegahan budaya Indonesia melalui tari, wastra dan melodi.

Sebagai pembuka adalah grup Gamelan Lila Cita yang seluruh anggotanya merupakan warga setempat dan secara reguler menampilkan musik tradisional dan kontemporer Bali. Selain itu juga ditampilkan tarian persembahan dari komunitas masyarakat Bali di Inggris, Banjar Bali Ring UK serta kelompok tari Lila Bhawa yang telah berdiri sejak 2002.

Baca juga : Syahrul Masih Ghoib

Kemewahan wastra Indonesia dipamerkan melalui “Swarna Dwipa”, fashion show yang menampilkan kolaborasi dua designer papan atas Indonesia, Ayu Dyah Andari dan Chossy Latu, dengan UMKM binaan Bank Indonesia di Sumatera Selatan untuk memamerkan 20 busana dalam tajuk “Tujuh Saudara” dan “Nirmala”. Produk UMKM unggulan binaan Bank Indonesia berupa wastra, pakaian, aksesoris dan makanan jadi juga turut dipamerkan.

Misi kesenian Paguyuban Citra menampilkan Lea Simanjutak dengan music director Trias Anugrah dan koreografer Ari Tulang. Pada kesempatan istimewa tersebut, Dubes Desra turut tampilkan saksofon iringi Lea dalam lagu Somewhere Over The Rainbow.

Tulus menjadi pemuncak acara Indonesia Night. Membawakan beberapa lagu terbaiknya, Tulus sukses mengajak penonton bernyanyi membahana di Westminster Central Hall.

Baca juga : ATM BNI Permudah Tarik Tunai Pekerja Migran dan Pelajar Indonesia di Hong Kong

Meski masih sangat antusias, namun penonton pun harus berpuas karena pagelaran berdurasi 2,5 jam tersebut harus diakhiri. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.