Dark/Light Mode

Dipajang 128 Tahun, Mumi Pencopet Dikubur

Kamis, 12 Oktober 2023 06:17 WIB
Mumi Stoneman Willie di dalam peti mati. (Foto Sky News)
Mumi Stoneman Willie di dalam peti mati. (Foto Sky News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mumi seorang pria yang dipajang di rumah duka di kota Reading Pennsylvania selatan, Amerika Serikat, selama 128 tahun akhirnya akan dikuburkan.

Mengutip Sky News, mumi tersebut dikenal sebagai Stoneman Willie. Ia meninggal dunia pada 1895 di penjara setempat karena gagal ginjal.

Baca juga : Setelah 35 Tahun, Suara Neno Tidak Berubah

Diketahui, pria itu adalah seorang tahanan yang ditangkap karena mencopet. Pengurus pemakaman saat itu secara tidak sengaja menjadikan pria tersebut mumi. Menurut Rumah Duka Auman di Reading, Pennsylvania, pihak pemakaman saat itu sedang bereksperimen dengan teknik pembalseman baru.

Stoneman Willie dipakaikan jas dengan dasi kupu-kupu. Ia ditampilkan di peti mati dengan selempang merah di dadanya. Tampak rambut dan giginya tetap utuh, dan seiring berjalan waktu, kulitnya tampak kasar.

Baca juga : Panjat Gunung Pake Gaun Pengantin

Nama dan identitas asli pria tersebut tidak diketahui selama bertahun-tahun. Sebab, pria itu memberikan nama palsu pada saat ditangkap. Bahkan, pejabat setempat tidak dapat menghubungi kerabatnya.

Namun menggunakan dokumen sejarah, nama asli Stoneman Willie telah teridentifikasi, yakni James Murphy dari New York. Namanya pun diukir di bagian bawah batu nisannya saat jenazahnya dimakamkan pada 7 Oktober lalu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.