Dark/Light Mode

Setelah 35 Tahun, Suara Neno Tidak Berubah

Minggu, 3 September 2023 00:44 WIB
Neno Warisman dan Fariz RM saat berduet di Synchronize Festival 2023 yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/9) malam. (Foto: Ist)
Neno Warisman dan Fariz RM saat berduet di Synchronize Festival 2023 yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/9) malam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Neno Warisman tampil memukau saat mengisi acara Synchronize Festival 2023 yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/9) malam.

Bersama musisi senior Fariz RM, keduanya berhasil membius penonton dengan membawakan lagu era 80-an berjudul "Nada Kasih".

Penampilan Neno di atas panggung, jadi yang pertama kalinya sejak vakum dari dunia tarik suara.

Selama ini, jebolan Fakultas Sastra Prancis Universitas Indonesia (UI) tahun 1990 tersebut, sibuk membesarkan ketiga anaknya yang kini jadi lulusan terbaik ITB, IPB dan UI.

Baca juga : Masih Pertengahan Tahun, SKK Migas Sudah Bor 427 Sumur Pengembangan

Walaupun lama tidak manggung, ternyata suara Neno tidak berubah sedikit pun. Duetnya sengan Fariz RM, masih mampu menggoyang pecinta lagu lawas bernyanyi bersama.

"Neno dan saya berduet Nada Kasih itu sudah hampir 40 tahun, tepatnya 35 tahun, dan saya pernah duetkan ini dengan banyak penyanyi lain di berbagai kesempatan, tapi saya akui, tidak satu pun yang bisa menggantikan Neno. Karena suara vokal Neno ini sangat berkarakter! Sangat teatrikal!," ujar Fariz RM, Sabtu (2/9).

Fariz menuturkan, dia kerap bekerja sama dengan Neno. Pada tahun 1990, mereka pernah membawakan lagu "Sebuah Obsesi" yang juga menjadi hits dan legenda hingga saat ini.

Duet keduanya, rupanya masih dielukan penonton. Karena saat manggung, ratusan orang yang hadir ikut hanyut dengan kenangan masing-masing, bersama melodi indah lagu ciptaan Dori Kalmas.

Baca juga : PPDB Sekolah Yehonala Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 Telah Dibuka

Suara Neno yang meliuk melengking berkarakter, dinilai Fariz RM sebagai salah satu keajaiban sendiri selama dia bermain musik.

"Neno tidak tergantikan!" tegas dia.

Musisi senior legendaris Chandra Darusman, yang ikut mengisi acara Synchronize Fest 2023 juga setuju dengan Fariz.

Dia bilang, penampilan Neno telah mengobati kerinduan pada musik berkelas dan menjadikan pagelaran musik kali ini lebih berisi dan penuh kenangan bagi generasi tahun 80-90-an.

Baca juga : Antrean Bakal Berkurang

Chandra yang pernah menjadikan Neno sebagai punggawa bandnya, Karimata, menilai sejak dulu Neno sudah menunjukkan kepribadian dan karakter suara yang istimewa. Apalagi, suaranya sama sekali tidak berubah.

"Neno Warisman terbukti memang seorang seniman, tak lekang oleh waktu. Penampilannya kali ini membuktikan bahwa sebagai seniman senior, ia masih merasa ikut bertanggung jawab pada kehidupan musik Indonesia," puji Chandra Darusman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.