Dark/Light Mode

Wali Kota Seoul Anugerahi Gelar Warga Kehormatan Untuk Dubes Sulis

Kamis, 26 Oktober 2023 22:11 WIB
Duta Besar Gandi Sulistiyanto saat menerima anugerah gelar Warga Kehormatan Kota Seoul daei Walikota Seoul, Oh Se-Hoon, di Seoul City Hall, Kamis (26/10). (Foto: KBRI Seoul)
Duta Besar Gandi Sulistiyanto saat menerima anugerah gelar Warga Kehormatan Kota Seoul daei Walikota Seoul, Oh Se-Hoon, di Seoul City Hall, Kamis (26/10). (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Gandi Sulistiyanto dianugerahi gelar Warga Kehormatan Kota Seoul oleh Walikota Seoul, Oh Se-Hoon, di Seoul City Hall, Kamis (26/10).

Gelar warga kehormatan itu diberikan sebagai penghargaan atas peran pentingnya dalam memperkuat kerja sama antara Republik Korea dengan Indonesia.

"Di awal penugasannya, Dubes Gandi Sulistiyanto telah memfasilitasi impor urea dari Indonesia, saat Korea sedang kekurangan urea untuk industri," kata Wali Kota Oh.

Selain itu, lanjutnya, Dubes Sulis juga aktif berperan meningkatkan kerja sama antara pelaku bisnis dan ekonomi kreatif kedua negara

Baca juga : Relawan Usbat Ganjar Gandeng Warga Medan Untuk Bersih-Bersih Jalan

Atas penghargaan itu, Dubes Sulis menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota Seoul. Ia juga menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan dedikasi bagi rekan-rekan di Kedutaan Besar RI di Seoul dan juga seluruh masyarakat Indonesia yang berdomisili di Korea Selatan

"Dalam kurun waktu satu tahun 10 bulan penugasan saya di Korea, KBRI Seoul giat mempromosikan kerjasama antar Pemerintah dan sektor swasta serta antar masyarakat," tuturnya.

Selain dirinya, penghargaan ini, kata Dubes Sulis juga sebelumnya diberikan kepada Presiden Jokowi pada tahun 2016, serta kepada pendahulunya, Duta Besar Umar Hadi, pada tahun 2021.

Hubungan erat antara Pemerintah kota Seoul dengan KBRI Seoul tercermin dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 lalu, di mana Balai Kota Seoul dihiasi dengan lampu berwarna Merah dan Putih yang mencerminkan bendera Indonesia.

Baca juga : Semangat Sumpah Pemuda, Mas Bechi Gagas Program Rumah Gratis Untuk Dhuafa

Selain itu, peringatan 50 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Korea pada tahun 2023, KBRI Seoul juga telah mengadakan sejumlah kegiatan, termasuk empat forum bisnis di bidang perdagangan, keuangan dan investasi; peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ5 desain batik Indonesia; penerbitan buku mengenai Presiden Jokowi dan Pancasila dalam bahasa Korea; serta penyelenggaraan tiga Festival Indonesia yakni di kota Ansan, Busan dan Seoul.

Dubes Sulis juga bilang bahwa berkat izin dan bantuan dari Wali Kota Seoul, Festival Indonesia yang diselenggarakan di kota Seoul dan dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung dapat dilaksanakan di Plaza Gwanghwamun yang terletak di pusat atraksi kota Seoul.

Cetak Rekor Perdagangan

Dubes Sulis juga menyebutkan bahwa perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan pada tahun 2022 mencapai rekor sebesar 24,5 miliar dolar AS. Sementara investasi Korea di Indonesia juga meningkat sebesar 40.06 persen menjadi 2,29 miliar dolar AS.

KBRI Seoul juga sedang menggiatkan kolaborasi antara pelaku kreatif kedua negara, dengan penyelenggaraan forum pertama untuk mendorong kewirausahaan digital dan start-up. 

Baca juga : Ketua MK Didesak Segera Sahkan Majelis Kehormatan

Selain itu, implementasi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement diharapkan juga dapat makin meningkatkan perdagangan kedua negara. 

Termasuk penguatan kerjasama bidang Pendidikan dan SDM yang dipelopori KBRI Seoul melalui program International Talent Pool Management Program, yang memungkinkan WNI lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia dan Korsel untuk berkarir di Korsel.

Acara penganugerahan gelar Warga Kehormatan Kota Seoul kepada Dubes Sulis ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, seperti Wakil Kepala Perwakilan RI Seoul, empat Koordinator Fungsi KBRI Seoul, Duta Besar Hubungan Internasional Pemkot Seoul, Deputi Walikota Bidang Kebijakan Ekonomi, serta Direktur Divisi Pembangunan dan Kerjasama Internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.