Dark/Light Mode

Pura-pura Sakit Kanker Demi Dapat Donasi

Jumat, 27 Oktober 2023 06:44 WIB
Madison Russo yang pura-pura kena kanker.
Madison Russo yang pura-pura kena kanker.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sungguh tidak terpuji perbuatan TikToker di Amerika Serikat (AS) ini. Ia menggunakan platform sosial media itu untuk mencari simpati dan menipu banyak orang dengan pura-pura kena kanker.

Madison Russo (20) mengaku sakit kanker pankreas, leukemia, dan memiliki tumor sebesar bola yang melilit tulang belakangnya. Wanita asal Iowa itu mendokumentasikan “perjuangannya” melawan kanker di media sosial.

Baca juga : Prof Suyitno Ungkap Role Model Hidup Damai Dalam Heterogenitas

Dari usaha culasnya itu, ia menerima sumbangan dari lebih dari 400 orang. Penipuannya terungkap ketika paramedis melihat ketidaksesuaian dalam ceritanya. Lalu, polisi memeriksa catatan medisnya dan menemukan bahwa dia tidak pernah didiagnosis menderita kanker.

Dia ditangkap Januari lalu dan mengaku bersalah pada Juni 2023, atas perbuatannya. “Saya melakukan ini bukan demi uang atau keserakahan. Saya tidak melakukan ini demi perhatian. Saya melakukan ini sebagai upaya untuk menyatukan kembali keluarga saya,” katanya.

Baca juga : Perpusnas Jadi Salah Satu Peserta Konferensi Internasional X

Russo meminta maaf kepada pengadilan dan para korbannya. Atas perbuatannya, pengadilan memerintahkannya untuk membayar denda 40 ribu dolar AS atau sebanyak Rp 637 juta. Dia tidak dijebloskan ke penjara, karena tidak memiliki riwayat kriminal. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.