Dark/Light Mode

Dubes Saud Purwanto Ingatkan Eratnya 30 Tahun Hubungan RI-Afsel

Sabtu, 28 Oktober 2023 06:03 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan. (Foto KBRI Pretoria)
Duta Besar Indonesia Untuk Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan. (Foto KBRI Pretoria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pretoria, Afrika Selatan (Afsel), menyelenggarakan resepsi diplomatik untuk dua perayaan sekaligus, yaitu HUT RI dan HUT TNI ke-78 di Wisma Duta, Kamis (26/10/2023). Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan dalam kesempatan itu mengingatkan kembali hubungan diplomatik Indonesia dan Afsel yang memasuki 30 tahun.

Dalam keterangan tertulisnya, 26 Oktober 2023, Dubes Saud menyatakan, hubungan Indonesia dan Afrika Selatan telah dimulai jauh di masa lampau, lewat tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan. Seperti Tuan Guru Tidore, Pangeran Tjakraningrat, dan Syekh Yusuf Al Makassari. Nama terakhir bahkan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Afrika Selatan pada 2005.

Baca juga : Pangdam V Brawijaya Ingatkan Prajuritnya Jaga Netralitas

Kehadiran pejuang kemerdekaan Afrika Selatan, Moses Kotane dan Maulvi Chacalia pada Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada 1955, lanjutnya, turut mewarnai hubungan kedua negara di masa lampau. KAA dikenal sebagai konferensi yang kemudian memicu kemerdekaan banyak negara di Asia dan Afrika.

"Catatan sejarah yang ditorehkan kedua negara merupakan fondasi kokoh hubungan persahabatan yang perlu dipertahankan,” imbuh Dubes Indonesia untuk Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Estawini dan Kerajaan Lesotho itu.

Baca juga : Dubes Fadjroel: Direct Flight Bali-Almaty Mantapkan Hubungan RI-Kazakhtan

Sementara nilai perdagangan kedua negara pada 2022 mencapai 3,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 51 triliun. Jumlah ini naik dua kali lipat, dari nilai yang tercatat sebelum pandemi Covid-19.

Sedangkan Wakil Menteri Bidang Pertanian, Reformasi Pertanahan dan Pembangunan Pedesaan Afrika Selatan, Mcebisi Skawatsha, menyampaikan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan, yang ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kemitraan strategis antara kedua negara pada 2008. Menurutnya, perjanjian tersebut menempatkan hubungan kedua negara lebih tinggi pada tataran strategis.

Baca juga : Redam Konflik Rempang, LPSK Ingatkan Aparat Gunakan Pendekatan Humanis

Presiden kedua negara juga saling mengunjungi. Di antaranya pada gelaran Brazil, Russia, India, China, and South Africa (BRICS) Dialogue + di Johannesburg, Afrika Selatan pada 2023 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 2022.

Acara resepsi diplomatik di Wisma Duta dihadiri sekitar 300 tamu dari kalangan pemerintahan, diplomatik, akademisi, hingga pengusaha. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.