Dark/Light Mode

Dubes Roem Kono Rayakan HUT RI Dan 29 Tahun Hubungan Diplomatik

Selasa, 12 September 2023 07:20 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Bosnia Dan Herzegovina Roem Kono berpidato dalam resepsi diplomatik di Sarajevo. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Sarajevo)
Duta Besar Indonesia Untuk Bosnia Dan Herzegovina Roem Kono berpidato dalam resepsi diplomatik di Sarajevo. (Foto Harian Rakyat Merdeka/RM.id/KBRI Sarajevo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina, menggelar Resepsi Diplomatik untuk merayakan HUT ke 78 Kemerdekaan RI, Rabu (6/9).

Sekitar 400-an tamu undangan hadir dari kalangan para duta besar, perwakilan Pemerintah setempat dan pejabat Kementerian Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina dalam resepsi diplomatik yang digelar di Hotel Hills, Sarajevo.

Baca juga : Dubes Roem Kono Ajak Bosnia Dan Herzegovina Investasi Di IKN

Resepsi diplomatik diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Bosnia-Herzegovina, Intermeco. Kemudian dilanjutkan dengan pidato Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina, Roem Kono.

Dalam sambutannya, Roem mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun ke-29 pembentukan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Bosnia dan Herzegovina.

Baca juga : Hanbok Wave, Maknai 50 Tahun Hubungan Diplomasi Indonesia-Korsel

“Selama itu hubungan kedua negara dalam kerja sama internasional dan multilateral terjalin sangat baik,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/9).

Menurut Roem, kerja sama bilateral kedua negara semakin luas, tidak hanya sebatas pada solidaritas politik, tapi telah berkembang pada penguatan kerja sama ekonomi. Perdagangan antara kedua negara selalu tinggi dalam enam tahun terakhir.

Baca juga : Hubungan Dengan Indonesia Diperkuat

Bahkan, pasca-pandemi Covid-19, perdagangan tersebut tetap kuat. Total perdagangan hingga Juni lalu menunjukkan peningkatan 196 persen. Sementara ekspor Indonesia ke Bosnia dan Herzegovina tumbuh 130 persen. Sebaliknya, ekspor Bosnia dan Herzegovina ke Indonesia juga menunjukkan kenaikan drastis, lebih dari 100 persen.

“Kunjungan warga Bosnia dan Herzegovina ke Indonesia juga menunjukkan peningkatan tajam hingga 409 persen, dibanding periode yang sama di 2022,” terang Dubes dari Partai Golkar itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.