Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Singapura Suryo Pratomo

Latihan Gamelan Jelang Peringati Sumpah Pemuda

Rabu, 1 November 2023 06:12 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo. (Foto KBRI Singapura)
Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo. (Foto KBRI Singapura)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menggelar pelatihan seni gamelan Jawa, bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang, pada Minggu (29/10/2023). Kelas pelatihan ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan seni tradisi yang dipertunjukkan dalam acara tersebut.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Ukraina Peringati Hari Sumpah Pemuda Di Tengah Konflik

“Keberagaman budaya Indonesia dipersatukan oleh satu semangat menjadi bangsa Indonesia melalui penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,” ujar Mas Tommy, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Senin (30/10/2023).

Dia juga mengingatkan kepada peserta, yang sebagian adalah warga Singapura, bahwa bangsa Indonesia memiliki keberagaman yang menjadi nilai tambah sebagai bangsa.

Baca juga : Pos Indonesia Kolaborasi Kemenag Dorong Peningkatan Layanan Pendidikan

 “Namun, keberagaman itu tidak membuat bangsa Indonesia terbelah,” imbuhnya.

Pelatihan yang diikuti warga Singapura dan warga Indonesia itu terbagi menjadi tiga jenis, yakni Gamelan Jawa, Pencak Silat Seni serta Tari Topeng Sekar Sari.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Pamer Tenun Ulos Di Resepsi HUT TNI

“Kami mengirim dosen dan mahasiswa yang punya kompetensi untuk bidang ini, seperti pengajar karawitan senior, serta atlet dan juara nasional pencak silat,” terang ketua rombongan dari Universitas Negeri Malang, Agni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.